Wisata Jepara

Melihat secara kondisi geografis Kabupaten Jepara mempunyai keunikan tersendiri di bandingkan dengan kabupaten lain, mengapa demikian? Karena Sebelah timur kabupaten Jepara merupakan daerah pegunungan muria yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Kudus, sedangkan wilayah sebelah barat merupakan daerah pesisir laut yang sangat luas dari ujung selatan yang berbatasan dengan kabupaten demak sampai ujung timur yang berbatasan dengan kabupaten pati dan kudus, ditambah lagi dengan taman nasional pulau karimunjawa.

Wisata JeparaSalah satu daerah kabupaten di Jawa Tengah yang mempunyai potensi pariwisata yang besar adalah kabupaten Jepara. Kabupaten Jepara mempunyai banyak potensi wisata, baik wisata alam maupun wisata sejarah dan kebudayaan.

Wisata Alam Jepara

  • Wisata Pantai Jepara, Keindahan panorama pantai sepanjang pesisir pantai Jepara mempunyai daya tarik tersendiri untuk menjadi obyek wisata unggulan, beberapa obyek wisata di kabupaten Jepara diantaranya adalah Pantai RA Kartini, Pantai Tirta Samudra, Pulau Panjang, Taman Nasional Laut Pulau Karimun Jawa.
  • Ketiga obyek wisata tersebut yang menjadi unggulan kabupaten Jepara. Namun dari tempat wisata-wisata diatas juga terdapat tempat wisata yang lain seperti Pantai Bondo, Pantai Teluk Awur, Pantai Blebak dan masih banyak lainnya.
  • Wisata alam Jepara dari sisi pegunungan juga tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan keindahan panorama pantai, ada beberapa tempat obyek wisata yang menjadi tujuan dari wisatawan lokal, regional maupun internasional yaitu Wahana Wisata Sreni Indah, Air Terjun Songgo Langit, Taman Setro, Goa Tritip. Yang menjadi tujuan wisatawan untuk kegiatan – kegiatan seperti berkemah, camping dan menghabiskan masa liburan dengan menikmati pemandangan alam
    [collapse]
Wisata Sejarah dan Kebudayaan Jepara

Selain dari kekayaan alam yang terdapat di kabubaten Jepara, kabupaten Jepara juga mempunyai kekayaan di sektor sejarah dan kebudayaan masyarakat yang menjadi warisan harus dilestarikan, sehingga tempat dan momen – momen penting yang menjadi bukti sejarah dan kebudayaan kabupaten Jepara, terutama bagi pelajar dan pemuda – pemudi sebagai harapan masadepan bangsa. Mengutip dari pidato presiden Republik Indonesia Ir. Sukarno pada HUT RI Tahun 1966 yang mengemukakan JASMERAH “Jangan Sekali – kali Melupakan Sejarah”, yang mengajarkan kepada seluruh masyarakat Indonesia, sejarah merupakan suatu pembelajaran bagi masyarakat Indonesia.

Melihat dari sejarah dan kebudayaan kabupaten Jepara terdapat beberapa obyek wisata yang mengingatkan momen – momen penting yang telah terjadi yaitu Pendopo Kabupaten, Makam dan Masjid Mantingan, Benteng Portugis, Manumen Ari-Ari Ra Kartini, Benteng Voc, Sonder Kalinyamat, Event Pariwisata (perang obor, lomban, jembul tulakan, hari jadi Jepara). Merupakan sejarah dan kebudayaan masyarakat Jepara yang harus dilestarikan.

[collapse]

Written by