Salah Satu Icon Wisata Karimunjawa di Tutup

Karimunjawa, Jepara – tak lepas darui ikon besar yang menguji adrenalin tersebut memang sudah banyak di kenal oleh wisatawan, baik Wisatawan lokal maupun mnacanegara.

Karimunjawa di tetapkan menjadi Taman Nasional oleh pemerintah setempat pada tahun 2001 semenjak itulah Penangkaran Ikan terganas di lautan di bangun di ssalah satu pulau terdekat dengan pulau utama Karimunjawa.

Penangkaran Hiu tersebut di kelola oleh seorang laki – laki keturunan Tionghoa yang sudah sejak lama memang tinggal di karimunjawa. laki – laki parubaya tersebut bernama cenming memang sangat menyayangi hiu atau hewan lainnya.

Baca Juga : Tips Liburan, Pilih Backpackeran atau Lewat Biro Wisata Karimunjawa?

Penangkaran Hiu Karimunjawa berada di pulau menjangan besar, tempat tersebut memang di peruntukan untuk umum sehingga wisatawan yang penasaran dengan hiu tersebut bisa berkunjung ke tempat tersebut. wisatawan juga di biarkan untuk berenang bersama hiu – hiu tersebut.

sebenarnya penangkaran hiu bukan hanya di pulau menjangan besar saja, namun di juga terdapat di beberapa tempat salah satu yang terdekat di Pulau Menjangan Kecil Karimunjawa. pulau ini memang berada tepat di sebelah pulau menjangan besar karimunjawa. penangkaran – penangkaran tersebut di miliki pribadi sehingga tidak di buka untuk umum.

beberapa waktu ini penangkaran hiu teramai di karimunjawa karena memang di peruntukan untuk umum sempat mendapat teguran keras dari badan konvervasi alam. dan akhirnya peangkaran tersebut harus di tutup setelah mendapatkan surat resmi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Berdasarkan surat yang di keluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan no surat S.186/T.34/TU/GKM/6/2018 yang berisi hal tentang penutupan kegiatan atraksi wisata yang berada di pulau menjangan besar karimunawa. berdasarkan surat tersebut kini penangkaran ikan hiu tersebut di tutup untuk kegiatan wisata. hal itu di lakukan karena mendapatkan surat penolakan permohonan izin budidaya ikan dan pembesaran ikan laut yang di keluarkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Tengah.

Penutupan itu juga berdasarkan dengan hasil patroli dari Balai P2HLHK Wilayah Jawa Bali dan Nusa Tenggara di Surabaya pada tanggakl 7- 16 m3i 2018.

Semenjak itu penangkaran Hiu di tutup untuk kegiatan wisata di karimunjawa, alhasil para wisatawan kecewa dengan penutupan tersebut. untuk menutupi kekecewaan wisatawan yang ingin melihat secara langsung dan penasaran akan atraksi ikan hiu yang berada di kolam yang tak cukup luas tersebut, Biro – Biro jasa wisata lokal mencari alternatif lain dengan mengunjungi penangkaran hiu yang berada di pulau lain seperti menjangan kecil yang baru – baru ini di bangun penangkaran hiu.

Dengan adanya penutupan penangkaran hiu tersebut tidak membuat kecewa para wisatan yang berkunjung ke Karimunjawa. karena masih banyak tempat wisata penangkaran hiu yang bisa di kunjungi, walaupun tempat – tempat tersebut milik pribadi.

Terima kasih telah membaca artikel kami, nantikan artikel – artikel tentang Info Wisata di website kami. semoga bermanfaat, kami tunggu kritik dan sarannya.

bagi kamu yang ingin liburan ke karimujawa silahkan Klik Info Liburan Karimunjawa, kami menyajikan infio lengkap seputar libruan di Karimunjawa dan Jawa Tengah.

Written by