PULAU KARIMUNJAWA

  • 0

PULAU KARIMUNJAWA

Mendengar isitilah “karimunjawa” tentunya sudah tidak asing lagi bukan,, karena semenjak diresmikan menjadi salah satu taman nasional di indonesia pada tahun 2001 pulau karimunjawa menjadi sangat populer, dan tidak jarang di stasiun televisi membuat program acara khusus untuk meng ekspost keindahan alam wisata pulau karimunjawa.

Sehingga perubahan langsung bisa dirasakan dan memunculkan dampak yang luar biasa tidak hanya menarik minat wisatawan untuk berkunjung saja tetapi juga menarik minat banyak investor ke pulau karimunjawa baik investor lokal maupun investor asing.

Hal ini dibuktikan trafik wisatawan dari tahun ke tahun semakin meningkat dan banyaknya pembangunan infrastruktur untuk mendukung wisata di karimunjawa, seperti hotel, pelabuhan, Jalan dan ilainnya,, oh iyaaa…. ada satu lagi yaitu Listrik.

Singkat cerita listrik dikarimunjawa..

Jika anda pernah ke pulau karimunjawa sebelum tahun 2015 tentu anda sudah merasakan listrik di karimunjawa yang hidup hanya 12 jam, listrik hidup dimalam hari yaitu listrik mulai menyala jam 18.00 sore dan listrik padam pada jam 06.00 pagi, dan itupun sumber tenaga listrik masih menggunakan tenaga disel jika volt/daya tidak kuat maka akan mati.

Banyak wisatawan yang menunggu listrik hidup itu hanya ingin merasakan hembusan kipas angin ataupun AC di rungan hotel di karimunjawa dan berebut bergantian mengecash smartphone malam-malam dengan wisatawan lain karena batre habis dipakai seharian.

Namun sekarang anda tidak perlu khawatir, sekarang listrik di pulau karimunjawa sudah 24 jam, wisatawan bisa merasakan energi listrik seperti dirumah masing-masing karena sudah dibangun pembangkit listrik yang terpusat di pulau kemojan karimunjawa.

Kebali ketopik awal yaitu pulau karimunjawa…

Peta Karimun jawa, pulau karimunjawa, kepulauan karimunjawa, taman nasional karimunjawaPulau Karimunjawa merupakan salah satu kecamatan di kabupaten jepara yang satu-satunya terletak di tangah-tengah laut jawa dan terpisah dari daratan jepara, kepulauan karimunjawa terdiri dari 27 pulau yang tersebar di laut karimunjawa.

  1. pulau karimunjawa
  2. pulau kemojan
  3. pulau menjangan besar
  4. pulau menjangan kecil
  5. pulau cemara besar
  6. pulau cemara kecil
  7. pulau merican
  8. pulau gleyang
  9. pulau nyamuk
  10. pulau kumbang
  11. pulau parang
  12. pulau kembar
  13. pulau karang besi
  14. pulau katang
  15. pulau krakal kecil
  16. pulau krakal besar
  17. pulau mencawakan
  18. pulau bengkoang
  19. pulau gundul
  20. pulau cendekian
  21. pulau sintok
  22. pulau tengah
  23. pulau cilik
  24. pulau ginting
  25. pulau seruni
  26. pulau sambangan
  27. pulau burung

Pualu karimunjawa terdapat satu pulau utama sebagai pusat informasi dan logistik di karimunjawa, karena pusat pemerintahan kecamatan di karimunjawa tersentral di pulau utama tersebut sedangkan pulau-pulau yang lain berada di sekelilingnya.

Nah… pulau-pulau disekelilingnya ini lah yang menjadi tempat wisata di pulau karimunjawa, namun hanya sebagian kecil saja yang biasa dikunjungi wisatawan karena durasi waktu yang ditempuh tidak mencukupi, jika ingin tour ke semua pulau membutuhkan waktu yang cukup lama yaitu 7 hari, dengan asumsi wisatawan harus expedisi.

Baca juga : Jadwal Kapal Karimunjawa