Pulau Gundul, Menjadi Sarang Peluru dan Meriam

Pantai KarimunjawaPulau Gundul Karimunjawa, merupakan salah satu dari sekian banyak pulau yang berada di Karimunjawa. Pulau tersebut memiliki luas yang tak seberapa, tapi pulau tersebut menjadi sangat penting untuk Tentara Nasional  Negara Republik Indonesia ( TNI) . pulau yang berpanampakan batu besar ini menjadi pilihan tepat unutk TNI memainkan alat –  alat perangnya untuk berlatih.

Dentuman demi dentuman peluru menghujani pulau tersebut. Dengan meriam kaliber 76 mm, jarak tembak dari kapal menuju sasaran Pulau Gundul sejauh kurang lebih 5,1 Noutical mille. Ini menjadi kebangaan tersendiri untuk masyarakat Karimunjawa karena salah satu pulau yang di miliki menjadi tempat latihan TNI AL.

Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang sering digunakan untuk latihan ini adalah, KRI Oswald Siahaan 354, KRI Slamet Riyadi 352, KRI Sultan Hasannudin 366,  KRI Abdul Halim Perdana Kusuma 355, KRI Sultan Iskandar Muda 367, KRI Hasan Basri 382, KRI Fans Kaisiepo 368, KRI Lambung Mangkurat 374, KRI Keris 624, KRI Hiu 804, KRI Mandau 621, KRI Badik 623 dan KRI Layang 805 dengan melibatkan 1425 personel serta didukung oleh dua Pesawat Udara (Pesud) jenis Cassa serta Helikopter BO-105. Kapal – kapal tersebut biasanya parkir di markas besar TNI di Surabaya.

Adapun kegiatan latihan yang di lakukan oleh TNI AL adalah penembakan malam dengan senjata anti serangan udara atau Anti Air Rapid Open Fire Exercise (Aarofex) menggunakan meriam kaliber 20 mm, menembak malam Night Gunery Exercise (GUNEX) menggunakan meriam Kaliber 76 mm, dan melewati medan ranjau. Latihan ini berlangsung dari pukul 08.00 sampai 13.00 siang. Seperti biasanya setalah itu kapal – kapal perang tersebut sambil membentuk formasi perang kembali ke markas besar TNI di Surabaya.

Itulah kegiatan yang di lakukan oleh TNI kita untuk berlatih dengan tujuan mengembangkan SDM TNI, memperkuat kekuaan TNI, dan memompa semangat prajurit untuk rela, ikhlas memperjuangkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Selain Pulau Gundul, di sekitar pulau tersebut terdapat pulau – pulau kecil yang sering di gunakan untuk tempat wisata. Salah satunya adalah Pulau Geleang dan Pulau Burung, pulau tersebut memang emilki pasir pantai yang luas, sehingga untuk bersantai, bermain, dan menikmati laut adalah cara tebaik untuk berwisata di pulau tersebut. Biasanya Pulau Geleang Karimunjawa menjadi tujuan utama wisatawan yang sedang liburan di Karimunjawa, hal itu terjadi karena memang pulaunya bagus, dan bisa bersnorkeling di sekitar bibir pantai Gelang Karimunjawa.

Nah jika kamu Liburan ke Karimunjawa jangan lupa untuk mengunjunginya. Catatan untuk anda bila snorkeling janganlah menginjak karang, karena karang tersebut untuk tumbuh membutuhkan waktu berpuluh – puluh tahun. Jika kita menikmati alam ini yang sudah di ciptakan secara gratis maka kita juga berkewajiban untuk menjaganya. Oleh karenanya kita sebagai penikmat alam dan juga penjaga alam.

Jika anda ingin liburan ke Karimunjawa maka berangkat melalui, Kabuapaten Jepara, Kota Semarang, dan Kabupaten Kendal. Jangan untuk mampir ke kota – kota tersebut dan nikmati oleh –oleh khasnya yang cocok untuk anda bawa pulang. Nah itulah informasi yang dapat Team Wisata berikan.

Team Wisata juga menyediakan Paket Wisata Murah Karimunjawa 2018. Jika anda ingin memesan silahkan link ini untuk mendapatkan informasi lengkap tentang Wisata Karimunjawa.

Written by