Potensi dan Kreatifitas di Karimunjawa

Kabupaten Jepara kini makin di kenal oleh masyarakat indonesia, bukan hanya ukirannya saja. Namun kini kabupaten Jepara mempunyai keunikan yang membuat Kbaupaten Jepara semakin di kenal. Tempat wisata yang sekarang jadi buruan para taveller menjadikan Jepara semakin di banyak di kunjungi oleh wisatawan. Wisata karimunjawa ! siapa yang tidak kenal dengan kepulauan yang satu ini. Karimunjawa merupakan objek wisata kepulauan yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Karimunjawa, tempat ini terletak di Laut Jawa dan masuk dalam kawasan Kabupaten Jepara – Jawa Tengah. Destinasi wisata yang satu ini terdiri dari daratan dan lautan dengan luas daratanya sekitar 1.500 hektar dan luas perairanya sekitar 110.000 hektar. Perkembangan wisata yang satu ini sangatlah pesat, hal ini tidak luput dari dukungan Pemerintah setempat untuk terus berupaya dalam mengembangkan potensi daerah disektor pariwisata, sampai sekarang ini banyak digemari oleh wisatawan domestik maupun mancanegara

Ditempat ini Anda akan disuguhkan berbagai pemandangan yang sangat mengagumkan mulai dari keindahan laut yang sangat jernih, terumbu karang, pantai yang bersih dan keindahan gugusan pulau yang menghiasi lautan Jawa, tidak hanya itu beberapa pemandangan bukit yang pesonanya juga sangat memukau akan Anda dapatkan dengan mengunjungi Bukit Love Karimunjawa yang kii semakin di renovasi besar – besaran , Bukit Nyamplungan dan Bukit Joko Tuo yang ada di Karimunjawa.

Di karimunjawa juga terdapat industri – industri kecil yang harus di kembangkan untuk menunjang ekonomi masyarakat Karimunjawa. industri kreatif tersebut selayaknya di perhatikan oleh pemerintah daerah. Karena indutri tersebut bisa menjadi potensi karimunjawa yang kemudian karimunjawa tidka hanya di kenal akan tempat wisatanya namun juga kreatifitas masyrakat Karimunjawa. berikut industri – industri tersebut.

Industri kerajinan gelang atau tasbih dewandaru

Karimunjawa sangat identik dengan kayu dewandaru yang melegenda. Ada beberapa kayu yang khas karimunjawa di jadikan sebagai gelang dna tasbih.  Kerajinan gelang dan tasbih tersebu sangat laku sebagai oleh – oleh untuk wisatawan. kerajinan gelang dan tasbih dewandaru merupakan kerajinan yang di buat oleh masyarakat karimun jawa dari kayu pohon dewandaru dengan kreatif di proses menjad butiran – butiran kayu kecil yang kemudian dirangkai menjadi gelang dan tasbih sebagai souvenir penunjang wisata kepulauan karimunjawa.

Industri kapal otok – otok khas karimun jawa

Kapal otok – otok asli buatan Masyarakat Karimunjawa, bentukya yang unik hanya bisa di temui di kepulauan karimunjawa. untuk bahan bakunya juga menggunakan kayu asli karimunjawa. kapal tersebut dulunya hanya di gunakan nelayan untuk mencari ikan. Namun semenjak wisata karimunjawa booming kini kapal – kapal tersebut juga di gunakan untuk transportasi wisata di pulau karimunjawa. karena biasanya ketika sedang tour mengunjungi pulau – pulau kecil perlu memakai kapal kayu tersebut.

Industri makanan ringan

industri makanan khas karimun jawa, kerupuk rumput laut, kerupuk kepiting. Merupakan makanan dari hasil industri masyarakat karimunjawa dalam menciptakan buah tangan bagi para wisatawan yang berkujung di pulau karimunjawa.

Pulau karimunjawa tidak hanya menawarkan wisata pantai, wisata bahari, dan wisata religi akan tetapi juga memiliki hasil industri yang layak menjadi penunjang wisata dan buah tangan untuk para wisatawan. dengan adanya industri kreatif oleh masyarakat Karimunjawa di harapkan menjadi salah satu sub ekonomi selain nelayan dna wisata Karimunjawa. wisata yang kini hampir mendunia tak hanya memiliki alam yang begitu indah tapi juga memiliki karya – karya yag patut di hargai untuk menunjang perekonomian selanjutnya.

Written by