Pantai – Pantai Eksotis di Kabupaten Jepara

Kabupaten Jepara merupakan kota ukir penghasil kerajinan ukir kayu yang sudah di akui dunia. Akhir – akhir ini jepara pun semakin menorehkan namanya dengan hadirnya wisata – wisata yang mampu memuaskan para wisatawan. Menjelma seperti pulau dewata, bali. Di Jepara seakan menyerupai bali yang mempunyai tempat wisata pantai yang indah dan mempesona, serta hasil pahatan patung dari batu yang begitu khas hingga mampu menjadi ikon bali. Kelengkapan itu juga tertoreh di Kabupaten Jepara. Dari karya ukiran kayu dan pahatan patung kayu, kini jepara mempunyai tempat wisata pantai yang juga mampu memukau masyarakat indonesia yang doyan traveling, bahkan di perkirakan wisata jepara seperti Karimunjawa kini sudah mendunia. Nah ada beberapa tempat wisata yang wajib kamu kunjungi ketika liburan di Jepara. Berikut tempat liburan ala pantai di kabuapaten Jepara.

Pantai – panati di Jepara bisa di bilang amazing, meskipun posisi pantai jepara berada di utara pulau jawa. Kebanyakan pantai di Jepara memiliki pasir putih dengan perairan dangkal yang sangat jernih. Siapapaun yang berlibur ke kota yang sering di juluki bumi kartini ini pasti berasa seperti sedang di pulau bali. Walaupun kebudayaan masih sangat jauh berbeda, tapi jepara mampu memberikan fasilitas wisata yang cukup mampu memuaskan para wisatawan.

Berikut pantai – penati di jepara yang mempesona dan sering di juluki paradise of java :

  1. Karimun Jawa, keindahan kepulauan Tropis Lua Jawa yang tak Kalah indah dengan Maladewa.

Sebagai andalan utama pariwisata kabupaten jepara, kepulauan karimun Jawa kami rekomndasikan untuk wajib mengunjungi pulau tersebut. Kenapa wajib ? karena pulau ini memang menjadi daya tarik utama wisatawan yang inign liburan ke Kabupaten Jepara. Kepulauan Karimunjawa mempunyai 27 pulau yang memaqng memberikan nuansa wisata pantai yang sangat indah, di setiap pulau pasti mempunyai pantai – pantai yang putih, bersih, halus, dan lembut. Pulau ini menjadi di tetapkan menjadi Taman Nasional sejak tahun 2001 oleh Kementerian  Pariwisata. 22 pulau tersebut memang tak berpenghuni namun ada beberapa pulau yang sering di rawat setiap harinya karena menjadi distinasi wisata paling sering di singgahi. Selebihnya 5 pulau tersebut memang terdapat penduduk masyarakat Karimunjawa. Untuk pusat kota berada di pulau utama Karimunjawa.

Lokasi pulau karimunjawa memang berada jauh dari daratan pulau jawa, namun terdapat transportasi laut dan udara untuk menuju ke pulau Karimunjawa. Untuk menuju ke pulau tersebut membutuhkan waktu 4 – 5 jam menggunakan kapal ferri. Dan sekitar 2 jam menggunakan kapal cepat.

Tak sedikit para traveler terkejut dengan keindahan pulau – pulau yang berada di karimunjawa. Pulau – pulau di sana secara sempurna menggambarkan wajah pulau tropis yang begitu cantik. Jajaran pantai berpasir putih yang luas, laut yang sangat jernih membuat terumbu karang dengan mudah di lihat dengan mata telanjang oleh para wisatawan.

Pulau ini memang menjadi surga snorkeling dan diving dipantai utara Jawa. Hanya di tempat inilah para traveler akan menemukan hewan penguasa lautan lepas, seorang ikan karnivora yang memang kalau mendengar namanya bulu kuduk pasti merinding. Yaps ikan hiu,, namun jangan kawatir karena ikan hiu di karimunjawa sangat jinak, tidak berbahaya sehingga bisa berenang bersama ikan tersebut.

Nah itu keindahan pantai Jepara pertama yang berlokasi di Kepulaun Karimunjawa. Untuk selebihnya silahkan berkunjung langsung ke Pulau Karimunjawa untuk membuktikan semua ulasan kami.

  1. Menyambangi Pantai Kartini yang Punya Kura – Kura Raksasa.

Setelah puas bersenang – senang di Karimun Jawa, kita bisa melanjutkan traveling dengan menyambangi pantai yang terkenal dengan sejarah pahlawan wanitanya. Pantai kartini memang  konon dulunya merupakan tempat bermain pahlawan Ra. Kartini. Pantai yang di kelola oleh pemerintah daerah memang mendapat perlakuan khusus.

Pantai yang berada cukup dekat dengan pusat kota jaraknya hanya 2,5 km sehingga hanya butuh 10 menit dari arah alun – alun kabupaten Jepara. Karena pantai ini mendapat perlakuan khusus dari pemerintah setempat, fasilitas – fasilitas yang dimiliki cukup lengkap.

Yang menjadi daya tarik dan ikon terbaru dari pantai ini adalah sebuah bangunan tinggi besar berupa hewan kura – kura yang memang di nyatakan terbesar di asia Tenggara. Di dalam bangunan tersebut juga terdapat aquarium ikan hias yang banyak jenisnya, sehingga pengunjung bisa masuk ke dalam untuk melihat – lihat, atau hanya sekedar di berfoto di depan banguna kura – kura raksasa tersebut.

  1. Panati Empu Rancak, Pantai Keren yang Bersahabat Dengan Kantong Backpaker

Pantai Empu Rancak berada di desa Karang Gandong, kecamatan Mlonggo, Jepara. Pantai ini juga tak kalah indahnya dengan pantai lain di jepara, dengan pasir pantai yang halus, pantai ini menawarkan keindahan yang cocok untuk liburan murah ala backpacker. Walaupun keradaannya jauh dari pusat kota jepara, pantai empu rancak juga sering di kunjungi oleh para wisatawan yang memang sengaja jauh – jauh dari luar kota untuk melihat indahnya pantai – pantai di Jepara. Pantai yang kini juga mendapat perawatan dari pemerintah mendapat fasilitas – fasilitas yang mampu membuat wisatwan betah.

Terdapat pohon – pohon kelapa dan pohon palm yang menjulang tinggi memberikan kesan pantai yang menenangkan hati. disana juga terdapat gazebo untuk bersantai dan café – café kecil.

Anda juga bisa berfoto dengan beground tulisan besar Pantai EMpu Rancak di Pinggir Pantai.

  1. Pantai Pulau Panjang

Terdapat pulau kecil yang berada sangat dekat dengan pantai Kartini. Bahkan wisatawan yang ingin ke pulau tersebut juga di mulai dari Pantai Kartini. Pulau yang hanya berjarak 2,5 km ini bisa di tempuh dengan waktu 15 menit saja. Pulau yang tak kalah keren dengan karimunjawa menawarkan kendahan pantai yang panjang, putih, bersih, dan laut yang jernih sehingga kita juga  bisa melihat terumbu karang yang berada di dalam laut.

Untuk bisa mencapai ke pulau panjang tersebut harus menyewa kapal kayu yang sudah tersedia di dekat bibir pantai Kartini.

Pulau panjang merupakan potret alamai pulau tropis yang eksotis, ombak yang menggulung tidak terlau besar sehingga menjadikan pantai ini sangat tenang, sangat nnyaman sekali berada di pamntai pulau panjang ini, sambil bersantai, semilir angin, sangat menenangkan hati.

  1. Pantai Pecatu, Menilik Indahnya Pulau Mandalika di Pantai Berpasir Hitam.

Pantai Pecatu adalah sebutan singkat dari pantai yang memiliki nama lengkap Pantai Goa manik Pecatu.

Pantai berpasir hitam ini bisa traveler temukan di desa Banyumanis. Menariknya meskipun memiliki nama Goa manik namun di kawasan ini tidak terdapat gua satupun.

Traveler yang berkunjung ke sana paling suka menghabiskan waktu di bukit yang ada di sebelah pantai. Di bukit tersebut terdapat gardu pandang yang digunakan wisatawan untuk melihat panorama sekitar pantai dengan leluasa plus penampakan pulau Mandalika di tengah laut. Traveler akan betah berlama-lama berada di pantai ini.

  1. Pantai Teluk Awur, Pantai Alternatif Untuk Liburan Keluarga di Pusat Kota yang Punya Hutan Mangrove Menggoda.

Pantai teluk awur berada di selatan Pantai Kartini. Dari arah pantai kartini menuju pantai teluk awur hanya butuh waktu 10 menit. Banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Pantai ini kini juga menjadi tujuan utama para remaja lolal unuk bersantai di pinggir pantai, karena pantai ini sekarang dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti café yang selalu buka 24 jam.

Suasana yang cocok nongkrong remaja. Dan ditempat ini juga bisa di gunakan untuk berenang karena lautnya bersih dan nyaman. Biasanya masyarakat sekitar mengajak anggota keluarga untuk sekedar ngopi atau mandi di pantai teluk awur tersebut.

Di salah satu sudut pantai teluk awur ini terdapat hutan mangrove yang memang sengaja di tanam oleh pemerintah untuk penanggulangan abrasi pantai. Hutan ini juga berperan dalam menciptakan suasana sejuk, di tambah lagi tidak adanya lalu lalang kapal nelayan yang kadang membuat bising, menjadikan pantai teluk awur terasa tenang dengan demburan ombak kecil.

Sangat nyaman sekali berada di pantai teluk awur ini, kini sudah banyak bangunan – bangunan mewah seprti hotel maupun  resort yang memang menyediakan penginapan untuk para wisatawan yang ingin bermalam di pantai tersebut.

  1. Pantai Tirto Samudra, Pantai Indah dengan Banyak Nama

Pantai terakhir yang menjadi rekomendasi kami adalah pantai tirta samudra. Namun pantai ini mempunyai banyak nama. Ada yang menyebut pantai bandengan dan juga ada juga pantai ini dengan sebutan pantai kelin scheveningen. Warga setempat lebih familiyar dengan sebutan pantai bandengan. Karena lokasi pantai ini berada di desa bandengan.

Letak pantai ini di desa bandengan, jarak pantai dengan pusat kota sekitar 7 km. pantai ini cukup rekomdet menjadi wisata keluarga. Pantai bandengan mempunyai air laut yang sangat jernih dengan pasir putih, di waktu liburan pasti ramai akan pengunjung yang datang, baik masyarakat lokal maupun wisatawan luar kota yang memang ingin menikmati jernihnya air laut di pantai bandengan.

Pantai ini juga sering mengadakan iven – ivent besar yang berskala nasional. Baik ivent yang di selenggarakan oleh pengelola tempat wisata maupun ivent yang di selenggarakan oleh komunitas lain.

traveler yang berkunjung pasti tidak akan tahan dengan godaan dan segera ingin menceburkan diri ke laut. Banyak operator wisata yang menawarkan permainan air disana salah satunya adalah banana boat.

Nah itulah ke 7 pantai di Jepara yang paling menggoda untuk di kunjungi mengisi waktu di kala liburan telah tiba. Para traveler yang penasaran dengan pantai – pantai tersebut. Segera datang dan buktikan sendiri betapa indahnya pantai – pantai di Jepara.

Untuk info tentang wisata Jepara silahkan kunjungi website kami Info Wisata Jepara. Terima kasih telah membaca artikel kami. Kami mohon kritik dan sarannya.

Written by