Panduan Wisata Karimunjawa Ala Bacpacker

Tak heran banyak orang baik lokal maupun asing berwisata ke karimunjawa karena lautnya yang bersih, airnya jernih, pasir pantai putih bersih, terdapat terumbu karang yang super bagus, masih alami, walaupun masih terbilang baru di tetapkan sebagai taman nasional pada tahun 2001.

Kini karimunjawa menjadi tempat wisata yang terbilang mewah atau mahal bagi sebagihan kalangan menegah kebawah. Namun bagi yang berduit datang berkali – kali ke karimunjawa untuk wisata atau liburan adalah hal yang biasa. Karena jika di bandingkan dengan tempat wisata lain di indonesia yang notabennya sama, Karimun Jawa lebih terjangkau karena akses transportasi dan jarak dari ibu kota yang tidak terlalu jauh.

Namun, tak perlu kawatir bagi kamu yang dananya terbatas dan ingin liburan ke karimunjawa jangan pesimis terlebih dahulu, kamu juga bisa kok.

Baca jua : Liburan Istimewa di Pulau Karimunjawa

Dalam artikel saya akan memberikan tips agar juga bisa wisata ke karimunjawa dengan biaya yang pas di kantong namun memuaskan. Perhatikan cara mempersiapkan perjalanan, itinerary dan tips hemat wisata Singapura berikut ini:

  1. Persiapan Wisata Ke Karimunjawa

    Untuk mempersiapkan perjalan wisata karimunjawa, ada beberapa hal yang mesti dan wajib kamu persiapkan, di antaranya adalah :
         

  • Kartu identitas pribadi
    KTP/SIM/Pasport/Kartu Pelajar/ Kartu Keluarga bagi anak kecil di bawah 10 th. Dll) karena dalam pembelan tiket wajib menggunakan kartu identitas, jangan kamu gagal berangkat hanya karena kartu identitas ketinggalan di rumah.
  • Pesan Tiket Kapal Ferry
    Kalau kamu liburan ala backpacker maka hukumnya wajib naik kapal ferry karena tiketnya lebih murah sekitar 75rb untuk kelas ekonomi dan 92rb untuk kelas vip. Walaupun perjalanannya membutuhkan waktu yang lama sekitar 5 sampai 6 jam saya kira itu bisa di buat enjoy saja kalau kita menikmati perjalanan di atas balkon kapal fery yang memang lebih sejuk bisa melihat pemandangan luas di atas kapal.
  • Pesan Penginapan yang Super Murah
    Biaya hidup di karimunjawa bisa dibilang cukup mahal setidaknya 1 hari /orang bisa menghabiskan 200rb hanya untuk makan saja belum lainnya. Maka dari itu, kamu perlu cerdik dalam mencari penginapan. Kami rekomendasikan untuk mencari penginapan Homestay karena lebih terjangkau apalagi jika Homestay KML ( Kamar Mandi Luar ) setidaknya 1 malamnya hanya 75rb.

    2. Waktu Liburan

    Kami sarankan jika kamu ingin liburan ke karimunjawa dengan hemat biaya maka sebaiknya liburan di waktu bukan high seson. Dan perlu juga memperhatikan iklim yang pas. Karena karimunjawa termasuk kepulauan dan ilklim terkadang juga membuat kapal tidak berangkat. Sehingga datang ketika musim panas atau tidak ada angin barat.

    3. Itinerary Wisata Karimunjawa

    Hari Pertama

    Dari Dermaga Jepara Menuju Dermaga Karimunjawa

    Kami berangkat dari Jakarta pukul 20:00 WIB menggunakan bus jurusan Jepara. Waktu tempuh perjalanan sekitar 12 jam. Kenapa kami menggunakan bus selain lebih hemat juga bus jurusan Jepara bisa langsung turun di Kota Jepara.
    Tiba terminal Jepara pukul 08.00 tepat. Segera kami menuju pelabuhan Jepara untuk mencari informasi mengenai tiket dan sebagainya. Setelah mendapatkan informasi bahwa kapal fery besok berangkat pukul 06.30 dan pembelian tiket harus saat hari pemberangkatan maka kita harus antri di sana sejak pukul 4.30 setelah subuh. Tapi dengar – dengar dari tukang becak saya harus antri sejak jam 2 biar bisa mendapatkan tiket kalau gak gitu bakal antri panjang.
    Dari jam 12 siang sampai jam 9 kita habiskan waktu untuk keliling Kota Jepara, ke pantai bandengan, ke panti teluk yang banyak banget anak remaja nongkrong sampai malamnya kita di alun2 Jepara. Kita tidak menginap di hotel atau homestay karena sya mau antri jam 2 secara otomatis tidur di pelabuhan.
    Cukup berdesak – desakan duh benar yang di bilang tadi sama tuh tukang becak kalau telat pasti harus antri puanjang, kayak gw gara2 ketiduran harus ikut antri panjang paling belakang. Haduuh gila bener nih ya..
    Akhirnya kita mendapatkan tiket dan langsung cus saja menuju kapal dan melanjutkan tidur di balkon.

 

Sampai juga di dermaga karimunjawa, segera kami menuju hotel eh salah homestay maksut saya.


Habis ceck in dan sebagainya, kita kemudian mencari informasi mengenai cara untuk ikut snorkeling di laut karimunjawa. Karena tujuan utama kami adalah snorkeling. Cukup ribet juga ya tidak ngambil atau ikut paket wisata. Hampir saja kita tidak mendapatkan kapal yang mau menampung kami untuk ikut berwisata snorkeling di salah satu spot wisata laut karimunjawa. Hanya 150rb/orang untuk bisa ikut di salah satu kapal yang akan wisata laut.

Wisata Malam di Alun – Alun Jepara

Karena besok harus sudah pulang kamipun memuas – muaskan diri untuk wisata malam alias cari oleh – oleh ama ikan bakar yang katanya pusat ikan karimunjawa ya di alun – alun karimunjawa.

Hari Kedua

Kita harus lebih awal lagi sekitar jam 4 sebelum subuh, yups bener saya harus antri kembali untuk membeli tiket kapal ferry. Untung saja tiket masih karena kebanyakan sudah di borong sama agensi – agensi wisata. Pukul 07.00 kapal berangkat ke jepara dan saya dan teman – teman harus melanjutkan perjalanan pulang ke jakarta pukul 5 sore karena bus jepara – jakarta hanya ada pukul 5 sore sampai pukul 8 malam.
Setelah sampai di dermaga jepara, kita istirahat sebentar di salah satu kantin dekat dermaga Kartini Jepara sebelum bergegas membeli tiket bus.
Ternyata backpakeran sendiri itu sangat ribet, melelahkan dan sebagainya. Kalau kamu ingin liburan ke karimujawa tapi dengan buget hemat dan gak ribet sebenarnya sih ada di salah satu agensi wisata karimunjawa paket bacpaker ternyata harganya pun tidak beda jauh dari berangkat sendiri fasilitas yang di berikan juga lengkap sesuai dengan harapan dan harga. Jadi rekomendet kami untuk anda yang ingin libruan ke karimunjawa dengan hemat, ikut saja paket backpaker wisata karimunjawa.

Rekomendasi Perlengkapan Yang Dibawa

  • Obat Pribadi jika memiliki riwayat penyakit khusus
  • Obat anti mabuk jika kurang tahan dengan perjalanan laut
  • Uang cash secukupnya karena di akarimun hanya ada ATM BRI
  • Pakaian ganti secukupnya
  • Sarung HP waterproof
  • Kartu identitas pribadi (KTP/SIM/Pasport/Kartu Pelajar Dll)
  • Flasdist untuk backup file dokumentasi

Total pengeluaran wisata di karimunjawa

  • Tiket Bus PP: (tiket promo) Rp200.000 per orang
  • Tiket Kapal Ferry PP: (ekonomi) Rp 150.000 per orang
  • Penginapan: Homestay KML ( Kamar mandi Luar ) Rp75.000 untuk 1 malam/kamar
  • Paket Wisata Tour Laut ( snorkeling ) : Rp 150.000/orang
  • Makan selama di karimunjawa : 200rb/orang

Written by