Panduan Ke Karimun Jawa Via Darat dan Laut

Tak ada orang yang akan menolak jika di ajak ke tempat wisata seindah Karimunjawa. Kepulauan yang di juluki dengan paradise of java ini menjadi idola para wisatawan baik lokal maupun mancanegara, karimun jawa menjadi distinasi wisata bahari terbaik di kawawan pulau Jawa.

Tak perlu tanyakan lagi keindahan macam apa yang akan anda dapatkan disana. Pertanyaan yang mungkin muncul adalah bagaimana kita bisa menuju ke sana.

Ada dua cara untuk menuju ke karimunjawa yakni melalui jalur udara serta jalur darat ( yang di samabung dengan jalur laut ). Untuk jalur udara kita bisa menggunakan pesawat perintis air fast Indonesia atau yang baru – baru ini louncing NAM air.

Untuk  jalur  darat kita mempunyai 2 alternatif yakni via Semarang atau via Jepara. kita akan sedikit mengulas perjalanan ke karimunjawa via Jepara.

Baca Juga : Tips Wisata Biar Liburan di Karimunjawa Agak Hemat

Perjalanan menuju kabupaten jepara dari terminal terboyo semarang sekitar 1s/d 2 jam.  Setelah turun di terminal Jepara tujuan berikutnya adalah Pelabuhan Kartini. Jarak terminal ke Pelabuhan Kartini tidak terlalu jauh, hanya sekitar 15 menit jalan kaki. Dari Pelabuhan Kartini kita tinggal menunggu kapal untuk menyebrang ke Karimunjawa. Jadi, rute untuk ke Karimunjawa dari Semarang adalah seperti ini

Terminal Terboyo → Terminal Jepara → Pelabuhan Kartini → Karimunjawa

Yang menjadi permasalahan disini adalah jadwal kapal yang akan membawa kita ke Karimunjawa adalah jam 7 pagi. Sementara kita sudah berada di Pelabuhan Kartini jauh sebelum itu. Mau tidak mau kita harus bermalam di sekitar Pantai Kartini atau Pelabuhan Kartini sekaligus untuk menghindari keterlambatan karna sepagi apapun kita berangkat dari Semarang, akan sulit untuk sampai tepat waktu ke Pelabuhan Kartini mengingat bus Semarang – Jepara baru akan beroperasi jam 5 pagi sedangkan waktu perjalanan Semarang – Jepara bisa sampai 2 jam. Lagipula, feri yang akan membawa kita ke Karimunjawa bisa saja berangkat lebih pagi kalau muatan sudah penuh

Adapun nama feri yang akan membawa kita ke Karimunjawa adalah KMP Siginjai dengan tarif Rp 76.000 untuk kelas ekonomi serta Rp 96.000 untuk kelas VIP. Feri ini berangkat dua hari sekali dari Pelabuhan Kartini. Lama perjalannya sekitar 4 jam. Untuk jadwalnya bisa kamu cek disini

Jika kamu lebih memilih bermalam di Semarang daripada Jepara, ada kapal lain dengan jadwal pemberangkan yang lebih siang yakni jam 9.00 WIB. Nama kapalnya adalah KC Express Bahari. Kapal cepat ini beroperasi setiap hari kecuali hari Kamis. Jeleknya, kita harus mengeluarkan uang lebih banyak untuk kapal ini karna harga tiket yang paling murah adalah Rp 152.000. Kelebihannya, kapal ini akan lebih cepat sampai ke Karimunjawa. Hanya 2 jam. Jadwal kapal ini juga bisa kamu cek disini.

Distinasi Wisata di Karimun Jawa

 

  1. Pantai Ujung Gelam Karimunjawa

Serasa Liburan di Maldives, ini Pantai Eksotis di Karimunjawa, Jepara, Wisata Karimunjawa, Info Karimunjawa, Harga Paket Wisata Karimunjawa, Lokasi Karimunjawa, Biaya Wisata Karimunjawa, Paket Wisata Karimunjawa Promo 2018, Info Trip Karimunjawa, Jadwal Kapal Wisata Karimunjawa, Info Jadwal Kapal Karimunjawa

Pantai yang masih berada di kawasan pulau utama karimunjawa ini memang paling di favoritkan oleh para traveler. Lokasi pantainya sendiri memang sangat bagus. Pantai yang hanya berjarak sekitar 15 menit dari pelabuhan Karimunjawa ini mampu menyihir wisatawan dengan indahnya senja yang sangat eksotis, sunset di pantai ujung gelam memang menjadi favorit utama di kalangan wisatawan. Pantai ini punya pasir putih lembut dan bebarapa spot instagenic.

Ayunan yang terbuat dari kayu sengaja di taruh di pinggir pantai semakin membawa kesan romantis ketika tenggelamnya sang surya sinarnya menghiasi laut karimunjawa. Traveler bisa memburu foto sunset di atas ayunan atau menjadikan ayunan tersbeut menjadi beground foto ketika matahari tenggelam.

Suasana pantai ujung gelam memang tenang dan bersih sehingga membuat pantai ini menjadi favorit dan menjadi pilihan utama ketia mengakhiri tour laut setelah seharian berendam, snorkeling di spot – spot wisata yang sangat ciamik indahnya. Di ujung pantai juga terdapat batu – batu karang yang secara alami terbentuk membuat pantai ini semakin unik. Tak hanya itu traveler juga akan terpana dengan sebuah saung yang berada di atas bebatuan yang terkena percikan ombak karena berada di tengah laut pantai ujung gelam.

Sambil menikmati sang surya menenggelamkan sinarnya di balik laut karimunjawa. Traveler bersantai di tepi pantai, di temani dengan pancaran sinar jingga, deburan ombak yang berirama kecil, atau sembari duduk di atas ayunan kayu yang berada di tepi pantai dengan terpan cahaya matahri yang turun ke peraduan, ah menambah suasana romantic di kala deburan ombak menggulung lembut di bawa kaki.

Suasana ini serasa kurang lengkap tanpa cemilan gorengan dan secangkir kopi sambil mengerpulkan asap. Nah, jangan kawatir karena pantai ujung gelam ini lengkap dengan segala fasilitasnya. Selain wc umum atau kamar ganti dan tempat mandi air bersih yang bisa di gunakan ketika habis berenang di laut. Pantai ini terdapat warung – warung yang menyediakan minuman dan manakan ringan seperti pisang goreng dan bakwan yang bisa di nikmati hangat – hangat.

  1. Pantai Annora Karimunjawa

Pantai Annora terletak di Dusun Cikmas, Kemojan. Pantai yang juga memiliki bukit batu yang tinggi ini seperti laut selatan yang terdapat sebuah tebing tinggi. Pantai yang memiliki banyak ayunan terbuat dari kayu ini cukup unik. Ayunan tersebut di leatkan di pantai gosong yang semakin membawa kesan unik pantai Anora tersebut.   Pantai Annora Karimunjawa terletak diujung utara pulau Karimunjawa yang berbatas dengan pulau Kemujan, disekitar pantai Annora juga terdapat pantai Yamin dan Pantai Kemloko.

Untuk menuju pantai Annora ini cukup mudah, jika anda menggunakan motor lebih mudah karena jalannya masih berupa tanah yang belum beraspal. Namun tetap bisa menggunakan mobil untuk menuju ke pantai tersebut. Dari arah pusat kota anda hanya perlu menuju ke desa kemojan. Sebelum sampai atau di perbatasan antara desa karimunjawa dan desa kemojan terdapat papan nama pwnunjuk arah pantai Yamin . Pantai Kemloko dna Pantai Naura. Anda hanya mengikuti petunjuk tersebut.

  1. Pantai Nirwana Karimunjawa

Pantai Nirwana Karimunjawa mempunyai lokasi wisata yang cocok sekali untuk berlibur di karimunjawa. Pantai yang juga sering di kunjungi wisatawan ini mempunyai pasir pantai yang luas dan lembut. Selain mempunyai pantai yang indah, pantai ini sangat cocok ketika ingin menikmati terbitnya matahari dari arah timur Kepulauan Karimunjawa. Air laut yang terhampar luas, ombak – ombak yang bersautan, angin laut yang mendayu – dayu akan menggoyahkan hati Anda untuk semakin menikmati keindahan dan pesona dari Pantai Nirwana ini.

Anda ketika berlibur ke karimunjawa jangan lupa untuk mengunjungi pantai nirwana karimunjawa. Serta sempatkan untuk snorkeling di sekitar laut yang tak jauh dari pantai nirwana. Karena pantai in juga mempunyai keindahan terumbu karang yang cukup bagus, ikan hias yang berlalu lalang berenang menghiasi indahnya batu karang di laut karimunjawa. Pantai Nirwana memiliki luas lahan kurang lebih 20 hektar.

Di sekitar pantai nirwana ini juga terdapat pohon kelapa yang tersusun rapi menghiasi pantai nirwana. Sangat mempesona kindahan pantai – panati di karimunjawa. Seperti halnya pantai ini. Pantai yang masih terjaga asri perlu mendapat perhatian khusus karena pantai ini menjadi salah satu daya tarik wisatwan yang ingin liburan ke Karimunjawa.

  1. Pantai Batu Topeng Karimunjawa

Pantai Batu Topeng merupakan salah satu objek wisata pantai di karimunjawa. Pantai tersebut berada di sebelah Pantai Ujung Gelam, namun keindahan tak kalah dengan pantai ujung gelam. Pantai yang di batasi dengan bebatuan tinggi dengan pantai ujung gelam ini mempunyai keindahan luar biasa. Apalagi sekarang ini pantai tersebut juga di lengkapi dengan keberadaan fasilitas café kecil dan sebuah tempat bermain bolla volley pantai yang berada tepat di samping pantai batu topeng. Di iringi deburan ombak semakin nambah asyik ketika sedang bermain bola.

Sama halnya lama perjalanan ke pantai ujung gelam untuk menuju pantai batu topeng karimunjawa juga memerlukan waktu sekitar 15 menit dari pulau utama karimunjawa. Di pantai batu topeng ini juga terdapat sebuah bebatuan yang menjulang ke laut, sehingga semakin menambahan keindahan pantai semakin nyentrik. Selain itu juga terdapat sebuah gazebo yang terbuat dari kayu yang sengaja di taruh di atas bebatuan yang cocok sekali untuk berfoto di temani deburan ombak.

Sambil menikmati satu buah kelapa muda yang segar, semilir angin semakin membawa diri anda ke dalam suasana romantis.

Jika anda berkunjung ke Karimunjawa jangan lupa untuk mampir ke Pantai Batu Topeng yang menjadi andalan Wisata Karimunjawa. Biasanya pantai ini menjadi pilihan terakhir dan utama wisatawan yang habis snorkeling seharian. Atau wisatawan ketika baru datang pasti langsung menuju pantai ini untuk menikmati indahnya alam karimunjawa.

  1. Pantai Legon Lele

Pantai Legon Lele Karimunjawa yang berada di pulau kemojan ini memang tersembunyi, dan jarang sekali wisatawan yang mampir kesana, pantainya sangat asri pastinya karena jarang di jamah oleh manusia. Suasana di Pantai Legon Lele Karimunjawa ini juga tak kalah asyik. Di sekitar pantai terdapat gosong – gosong yang membuat suasana pantai ini semakin cantik. Di sekitar pantai juga terdapat pohon palm yang cocok untuk berteduh. Sedangkan di sebelah bagihan timur pantai legon lele juga terdapat susunan bebatuan karang. Jika di gunakan untuk berfoto sebagai beground pantai ini sangatlah cocok, apalagi di temani deburan ombak dan pasir pantai yang lembut, pastinya berada di pantai legon lele serasa tidak ingin beranjak dari sana.

Dari sudut pantai in juga bisa melihat pulau – pulau sekitar yang terlihat sangat lucu, seperi pulau batu yang hanya terlihat mungil dengan bebatuan yang menggunduk.  Jangan lewatkan untuk mampir ke kepantai legon lele ini, pantainya masih asri, alami belum banyak di jamah ini akan membawa suasana tersendiri jika di bandingkan dengan pantai lain.

Nah itulah pantai – pantai di karimunjawa yang mirip di maladewa, tunggu apalagi untuk segera berlibur ke Kepulauan Karimunjawa dengan harga yang murah, kamu juga bisa liburan ala Backpaker atau ala Team Wisata Karimunjawa yang menyediakan Paket Wisata Murah Karimunjawa.

Untuk Info Wisata Karimunjawa lengkap anda bisa mengunjungi  Website Kami Info WIsata.

Written by