Ngeri 5 Penyakit Aneh Traveler Siap Menyerang di Tengah Liburan

Lima Penyakit Aneh Traveler yang Bisa Dialami Selama Perjalanan

Menghabiskan waktu liburan sambil berjalan – jalan memang mengasyikan apalagi jika berkunjung liburan di pantai – pantai di Indonesia, seperti Karimunjawa. Namun perlu di perhatikan karena  diam – diam ternyata ada beberapa gejala yang siap menyerang traveler di waktu perjalanan.

Baca Juga : Informasi Backpaker ke Karimunjawa dari Berbagai Kota Bandung, Jogja, Semarang, Surabaya.

Jenis penyakit tersebut bermacam – macam. Ada yang berasal dari konsumsi makanan maupun sentuhan fisik. Berikut kami berikan daftar lengkap sejumlah penyakit aneh traveler yang bisa menyerang sewaktu – watu.

  1. Pertama Barefoot Nightmares. Bagi para traveler yang nekat menjelajah tanpa alas kaki rawan terkena penetrasi cacing tambang lewat bagihan telapak. Gejalanya berikutnya adalah tak jauh dengan gigitan serangga beracun. Kakai terasa gatal dan melepuh, nah gejala ini jika tak segera di tanganani bisa mengakibatkan kematian.

2. Berikutnya adalah penyakit Ciguatera. Kondisi berbahaya ini bisa terjadi pada seseorang yang memakan ikan secara mentah . Ciguatera biasanya disebabkan oleh ikan dari lautan Karibia, Pasifik, dan Samudra Hindia. Gejala umumnya adalah muntah dan diare.

3. Di salah satu bemnua, benua Afrika ada hewan mengigit yang menyebabkan infeksi trypanosomiasis. Hewan lalat tsetse ini memang berbahaya bagi traveler , si penderita akan mengalami gangguan tidur plus demam, gatal, nyeri, dan pusing. Jika tak segera diatasi, gigitan lalat tsetse bisa menyebabkan kerusakan syaraf atau bahkan kematian.

4. Penyakit berikutnya bernama Schistosomiasis. Diakibatkan oleh infeksi parasit yang dibawa siput maupun keong di areal perairan. Schistosomiasis sering terjadi di Afrika, Timur Tengah, Amerika Selatan, Karibia, dan Asia.

5. Penyakit Amnesia Global Transien. Penyakit yang bisa menyebabkan penderita mendadak lupa bagaimana dia bisa sampai di tempatnya sekarang, sangat aneh dan unik penyakit ini. Peneliti menyatakan bahwa penyebab utama amnesia ini adalah stress berat sebelum memulai sebuah perjalanan; seperti tekanan pekerjaan, ekonomi, social dan berb agaimana bermasalahan.

Tips terhindar dari penyakit saat traveling

Berjalan – jalan  ke tempat wisata pastinya mengasyikan, namun perlu di cermati bahwa jika terlanjur liburan namun di tengah perjalanan harus jatuh sakit, seakan tak berguna, sudah jauh – jauh sampai di tempat tujuan. namun jangan  kawatir karena sebelum anda merencanakan liburan kami memberikan tips – tips untuk menghindari sakit selama perjalanan :

  • Minum air putih yang terjamin kebersihannya. Membeli air kemasan botol/gelas tidak akan membuat kantongmu jebol, atau bisa memanfaatkan keran khusus yang tersedia di bandara maupun taman.
  • Tak perlu banyak mengkonsumsi kafein untuk menahan kantuk seperti minum kopi. Karena tubuh akan tidak nyaman ketika terlalu banyak mengkonsumsi kafein.
  • Tidur adalah cara terbaik untuk merehatkan sejenak kondis tubuh untuk mencegah terserang penyakit dengan mudah.
  • Jangan terlalu asyik dengan l,iburan sehingga tidak memperhatikan tempat, jangan sembarangan berenang di danau atau sungai.
  • Bawalah obat – obatan baik yang bersifat khusus pribadi atau obat – obat lain.
  • Jangan sembarangan berenang di danau atau sungai. Kita tidak pernah tahu apakah perairan di situ dalam kondisi bersih atau sudah tercemar banyak bakteri berbahaya

Nah itulah sekilas mengenai penyakit aneh traveler yang bisa men yerang dengan tiba – tiba tanpa di sadari selama perjalana. Tidak mau liburanmu berantakan gara – gara jatuh sakit kan ? maka saran kami selalu rencanakan liburan sematang mungkin, selalu berhati – hati dan menjaga kewaspadaan saat melakukan perjalan ke lokasi wisata.

Sumber : travelingyuk.com

Written by