Menuju Kepulauan Surga di Jawa Tengah, paradise of java

Paradise of Java itulah julukan yang sering sematkan oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk Kepulauan karimunjawa. pulau yang terdiri dai 27 pulau cantik itu kini menjadi buruan para traveller untuk liburan panjang. Biasanya paling lama liburan di karimunjawa adalah 7 hari. Liburan 7 hari ? lama banget ya.. tapi bagi traveller sejati adalah hal biasa karena 7 hari kesempatan untuk mengelilingi ke 27 pulau tersebut. Liburan di Karimunjawa paling pendek adalah 2 hari 1 malam. Karimunjawa pertama kali di temukan oleh Sunan Muria seorang tokoh penyebar agama Islam di Jawa Tengah. Suatu hari, Sunan Muria sedang bersusah hati akibat kenakalan putranya yang bernama Amir Hasan. Ketika itu dilihatnya sebuah gugusan kepulauan yang tampak kremun-kremun (kabur) dari puncak Gunung Muria. Disuruhnya Amir Hasan pergi ke kepulauan kremun-kremun itu untuk belajar ilmu agama dan memperbaiki tingkah lakunya. Kepulauan kremun-kremun itu kemudian disebut dengan Kepulauan Karimun, dan dari situlah nama Karimunjawa berasal.

Cara Menuju ke Karimunjawa

Ada dua alternativ jalur yang bisa di tempuh  untuk sampai ke Kepulauan Karimunjawa. Pertama, anda pergi ke Kepulauan Karimunjawa via kota Semarang. melalui jalur ini kamu bisa naik bus dari kota asalmu menuju Semarang dan turun di Pelabuhan Tanjung Mas. Dari Pelabuhan Tanjung Mas kamu tinggal menyeberang ke Kepulauan Karimunjawa menggunakan kapal cepat KMC Kartini. Kapal cepat KMC Kartini berangkat ke Karimunjawa setiap hari Jum’at jam 8.00 pagi. Sedangkan jam keberangkatan KMC Kartini dari Karimunjawa adalah setiap hari Minggu jam 12.00. kamu bisa menikmati perjalanan menyeberang Laut Jawa selama 3 setengah jam sebelum sampai di Kepulauan Karimunjawa. Sedangkan alternatif kedua adalah lewat jalur Jepara.

Perjalan Lewat Pelabuhan Jepara

Untuk sampai ke Jepara anda bisa menggunakan bus tujuan Semarang – Jepara. dari Semarang dengan membayar tiket sebesar Rp 12 ribu ribu per orang. Sampai di Jepara kamu bisa naik becak untuk diantar ke Pelabuhan Kartini cukup bayar 15 ribu per becak, bisa di naiki 2 orang.  Di pelabuhan ada beberapa kapal yang bisa kamu pilih untuk menyeberang ke Karimunjawa, yaitu kapal cepat Ekspress Bahari dan ada juga kapal feri KMP si Ginjay. Harga tiket kapal cepat Jepara-Karimunjawa adalah Rp 154 ribu per orang untuk kelas bisnis dan Rp 179 ribu per orang untuk kelas VIP. Untuk jadwal kapal Ekspress Bahari via Jepara Senin, Selasa, jum’at jam 09.00 dan sabtu jam 10.00. dari karimunjawa ke Jepara jadwal Ekspress Bahari pada hari sabtu jam 07.00 , Minggu dan Rabu jam 11.00, Senin jam 12.00. sekarang juga bisa melalui pelabuhan kendal menggunakan kapal Ekpres Bahari selasa dan jumat jam 09.00 dan dari karimunjawa menuju kendal Kamis, Minggu pada jam 11.

Kalau kamu ingin mendapatkan pengalaman baru gimana rasanya naik kapal feri, coba saja naik kapal feri KMP si ginjay tiketnya lebih murah sih, hanya sekitar Rp 75 ribu per orang untuk kelas ekonomi dan Rp 95 ribu per orang untuk kelas VIP dengan jarak tempuh selama 5 jam sebelum sampai di Karimunjawa. Biar nggak bosan kamu bisa jalan-jalan mengelilingi kapal, di atas kapal jga terdapat balcon yang cocok untuk bersantai menikmati ombak laut yang terjang oleh KMP si Ginjay.

Jangan terlalu berpatokan dengan jadwal tersebut karena jadwal ketiga Kapal tersebut bisa berubah – ubah tergantung dari cuaca yang berada di laut jawa di sebelah utara. Nah untuk kamu persiapkan sedetail mungkin ketika ingin liburan di karimunjawa.

Sesampainya di Kepulauan Karimunjawa

Ketika kamu sampai di pelabuhan karimunjawa, segera cari penginapan yang pas dengan buget kamu. Ada beberapa aternatif pilihan penginapan, Hotel standart, Mewah, dan Homestay yang bisa di pesan dengan mudah karena sekarang ini rata – rata di karimunjawa rumah – rumah penduduk di design menjadi Homestay – homestay sederhana. Kisaran Harga Hotel mewah dari 300 ribu sampai 900 ribu permalam. Hotel standart harga 150 ribu sampai 400 ribu-an. Homestay haganya paling tejangkau mulai dari 80 ribu-an sampai 200 ribu-an. Nah tinggal pilih sesuai dengan buget kamu. Di Karimujawa masyarakatnya super ramah jadi jangan malu – malu untuk meminta tolong mereka atau sekedar bertanya mengenai Karimunjawa.

Baca Juga : Cara Mencapai Kepulauan Karimunjawa

JADI BAJAK LAUT MENJELAJAH KEPULAUAN KARIMUNJAWA

Karimunjawa merupakan kepulauan terdiri dari beberapa pulau kecil dan besar, namu sebagihan besar pulau kecil yang tak berpenghuni. Jika kamu ingin mengelilingi pulau – pulau yang ada di karimunjawa anda bisa menyewa perahu motor untuk berkeliling di area perairan Kepulauan Karimunjawa dengan tarif sebesar Rp 300 ribu-Rp 500 ribu per hari, tergantung pulau mana saja yang mau di kunjungi dan ukuran kapal. Kalau kamu ingin melihat penangkaran hiu dan berfoto bersama mereka segera berlayar menuju pulau menjangan kecil atau menjangan besar karimunjawa. di sana kamu bisa melihat hiu – hiu jinak yang ramah terhadap pendatang. Selain itu juga kamu bisa mampir di sebelah Menjangan Kecil Karimunjawa untuk snorkeling melihat terumbu karang dan ikan – ikan kecil.

Atau kamu ingin mengelilingi pulau karimunjawa via jalur darat ? cukup kamu bisa menyewa sepeda motor untuk menjelajahi Pulau Karimunjawa dan Pulau Kemujan. Jika dulu pulau karimunjawa dan kemojan di pisahkan oleh laut, janan kawatir sekarang ini pulau kemojan dan karimunjawa terdapat jembatan kecil untuk mempermudah akses dari karimunjawa ke pulau kemojan. Jangan di tanya lagi Pulau Karimunjawa kaya akan pantai berpasir putih yang sunyi, hutan hujan tropis, hutan bakau. mengunjungi Pantai Tanjung Gelam untuk menyaksikan matahari terbenam yang akan membuatmu selalu terkenang pada Kepulauan Karimunjawa adalah wisata akhir anda ketika berada di karimunjawa.

Selain kamu bisa berangkat sendiri, di karimunjawa dan kabupaten Jepara juga banyak biro – biro wisat yang menyediakan paketwisata karimunjawa dengan harga – harga terbaik menyesuaikan buget anda. penasaran dengan Karimunjawa ? ayo segera booking paket di Team Wisata Karimunjawa untuk mengawali perjalanan ke kepulauan karimunjawa

Written by