Dari Bogor ke Karimunjawa, Via Semarang

Liburan di bulan April 2018

Liburan kali ini saya nikmati dengan keluarga besar, sebenarnya saya ingin liburan bareng teman2 satu kelas pulau dewata, Bali. Karena mami dan papi maksa buat ikut mereka liburan ke Karimunjawa. Akhirnya pupus sudah harapanku bisa liburan dengan teman2 sekelas. Yah dengan terpaksa aku harus nurutin mereka, soalnya kalau gw maksa gak bakalan dapet uang saku untuk liburan ke Bali. Daripada gak liburan sama sekali, ya mending ikut mereka.

Let’s go to Karimunjawa island.   Nah karimunjawa yang sebelumnya belum saya kenal harus saya korek2 tuh informasi mengenai karimunjawa. Setelah itu cari paket wisata private untuk liburan karimunjawa, dan alhasil kita menghubungi Team Wisata Karimunjawa. Disinilah kita bergabung dan menikmati paket yang di tawarkan oleh Team Wisata Karimunjawa. Cukup lengkap sudah paket yang kami terima.

Hari itu kita memilih hari Kamis berangkat menuju Jepara. Padahal kapal berangkat baru hari jum’at. Bokap memang sengaja berangkat hari Kamis dengan alasan biar bisa istirahat sehari di Jepara baru esoknya gas lagi ke Karimunjawa menggunakan kapal Ekspress Bahari kelas VIP. Perjalanan memang lancar dari mulai kota Bogor. sampai Pemalang, di harus terhalang oleh kemacetan yang cukup membuat tubuh ini letih, memang benar yang di katakan oleh bokap gw. Pasti perjalanan akan memakan tenaga cukup besar. Rasa jenuh, capek, sebal, campur aduk di kemacetan itu.“Karimun Jawa” disebutkan adalah tempat tersebut jauh di tengah laut di Utara Pulau Jawa. Tempatnya memang indah dengan panorama lat, pantai dan terumbu karangnya yang mempesona dan sering jadi destinasi turis baik lokal maupun dari mancanegara.

Setelah bertemu dengan pihak biro, kami di beri arahan dan informasi mengenai kegiatan apa saja yang akan di lakukan di Karimunjawa. kami bertemu dengan mas tomi beliau yang menjemput di pelabuhan Jepara, sangat ramah penyambutan beliau terhadap kami. saya juga bertanya – tanya mengenai karimunjawa, dan jadwal kegiatan besok setelah sampai di Karimunjawa.

Keberangkatan ke Karimunjawa menggunakan Kapal Ekspress Bahari. bokap gw juga memeilih kelas VIP inilah resiko jadi anaknya pejabat pasti inginnya yang mewah – mewah. berikutnya kami dalam perjalanan ke Karimunjawa sekitar 2 jam. sebenarnya pengen naik ke atas dimana ada ruang terbuka yang bisa di gunakan untuk merokok, tapi nyokap gak menginjinkan.

Pelabuhan Karimunjawa

Tibalah kami di pelabuhan Karimujawa, memang aak sempit pelabuhanya sama seperti Jepara. tapi untungnya waktu itu tidak terlalu ramai oleh wisatawan yang datang. selanjutnya kita menuju Hotel yang sudah di pesanka oleh team Biro Wisata. istirahat sebentar, bersih – bersih, agenda pertamakami adalah snorkleing di area snorkeling Menjangan Kecil karimunjawa setelah itu ke penangkaran Hiu yang tepat berada di pulau menjangan kecil karimunjawa, dulunya sih di menjangan besar tapi karena di tutup akhirnya kami di alihkan di menjangan kecil. sbenarnya radak dedekan ketika berfoto dengan hiu tapi setelah berada di dalam kolam dan mereka berenang mengelilingi dengan lembut akhirnya gw nyaman untuk berfoto bersama mereka.

Hari kedua “snorkeling Lagi”

di Hari kedua agenda tournya adalah snorkeling lagiii, tapi di tempat yang berbeda. kali ini kita snorkelingnya di daerah pulau tengah katanya, sambil siangnya nanti BBQ di pulau tengah karimujawa. pagi itu badan terasa masih sangat lelah dan pegal, rasanya tidak ingin bangun dari kasur, tapi nyokap memaksa agar gw ikut kegiatan tour kedua. cukup menyenangkan tapi bisa terhibur dengan keindahan karimunjawa yang begitu luar biasa. terumbu karang yang masih terjaga rapi. ikan – ikan hias yang menawarkan kemolekan tubuhnya untuk di foto, dan masih banyak keindahan karimunjawa kala aku menikmati alamnya. siangnya kita bersantai sambil menunggu makanan siap di lahap, para guide tour sedang memanggang ikan, sebagai seorang backapker  yang di paksa liburan ala private  naluriku menjadi backpakerpun muncul, seketika itu gw langsung ikutan bantuin memanggang ikan – ikan segar yang di sediakn oleh paket wisata yang kami booking. duh terassa sedapnya kalau kita sendiri yang memanggang ikanya.

Menjelang sore kita menikmati senja sambil perjalanan pulang, terasa indah sekali dan puas rasanya liburan kali ini walaupun tanpa teman – teman yang gila jika sedang liburan. sungguh luar biasa indahnya ketika matahari di karimunjawa terbenam, baru kali ini gw menyaksikan lukisan tuhan luar biassa di Karimunjawa.

Menikmati “Bukit Love” Hari Terakhir di Karimujawa

Akhirnya harus berpisah dengan surganya pulau jawa ini, gw tidak akan melupakan keindahan karimujawa yang selama 3 hari ini memberikan pengalaman alam yang luar biasa, setelah pulang gw akan ajak temen2 ke karimunjawa untuk ngecamp di salah satu pantai karimunjawa, akanku ceriatakn semua keindahan alam karimunjawa kepada seluruh teman di kampus. sangat indah, memang benar julukan untuk karimunjawa paradise of java.

sebelum pulang, kami sekeluarga di ajak oleh tour guide mas tomi ke bukit love namanya. setelah dengar cerita panjang tentang bukit dari mas tomi semakin penasaran saja gw dengan bukit tersebut. sesampainya di sana. duh ileee sumpah indah penampakan karimunjawa dari atas bukit. kami sekeluarga langsung mengabadikan moment – moment langksa bersama satu keluarga lengkap. biasanya bokap yang jarang di rumah menantikan moment seperti ini, begitu juga denganku. terima kasih karimunjawa, terima kasih Team Wisata yang sudah menfasilitasi kami liburan di Karimunjawa.

 

Written by