Backpackeran ke  Karimunjawa dari Kota Tercinta Jogjakarta 2017

Berangkat ke Karimunjawa dari kota tercinta Jogjakarta. Berangkat dari kota tercinta saya bersama sahabat dari TK ini memang suka sekali dengn traveling. Kali ini kmai ingin sensasi baru yang awal suka naik gunung kini harus nyebur ke dalam laut. Final pilihan tempat liburan mana yang akan kita jaman adalah Karimunjawa. kami penasaran dengan kata temen – temen yang pernah kesana. Mereka bilang bahwa di jepara ada sebuah pulau yang sering di juluki dengan Paradise Of Java. Waooo apa iya se-indah itu Karimunjawa. dengan alasan kuat kamipun berangkat menuju Jepara. Sebenarnya bisa berangkat lewat pelabuhan semarang, ataupun kendal. Tapi untuk saat ini jadwal kapal yang paling sering berangkat adalah via Jepara.

Perjalanku bersama sahabat masa kecil ini terbilang seru. Nah untuk kamu yang akan liburan seperti kami ala Backpaker dari Jogja bisa naik bus, travel atau bawa kendaraan sendiri. Khusus untuk yang suka naik kendaraan umum bisa cek kontak agen – agen yang nyediain jasa travel atau bus jurusan Jepara.

Karena kami berdua ingin bawa kendaraan sendiri akhirnya kita putuska untuk naik motor. Kita beranggapan kalau naik motor sendiri pastinya pas di Karimunjawa nya lebih gampang kalau mau jalan-jalan, ditambah lagi bisa muter-muter Kota Jepara dulu sebelum nyebrang ke Karimun.

Jarak tempuh Jogja Jepara sekitar 203 km. Saya sarankan untuk yang ingin berkendara sebaiknya cek kendaraan, mulai dari mesin, keamanan, rem, dan sebagainya. Jangan lupa untuk memebawa surat – surat kendaraan dan surat ijin mengemudi. Kami berdua berangkat dari Jogja jam 4 sore dan sampai di Jepara pada pukul 19.30 cukup cepat perjalanan kami.

Waktu di Jepara kita agak kesusahan nyari penginapan, karena minim informasi yang pertama. Yang kedua adalah karena kita ingin penginapan yang murah, di bawa 100 ribu tentunya, kan ala bacpaker. Akhirnya kita dapet penginapan di daerah Pantai Kartini dengan harga 85 ribu di salah homestay disana.

Harga tiket kapal Fery karena kita ingin membawa motor sendiri, sebenarnya sih ada sewa motor di sana. Tapi harga sewa tuh yang bikin kita niat bawa motor sendiri, walaupun selisinya Cuma 25 ribu. Kan itung – itung bisa hemat lagi. Harga tiket kapal fery untuk ekonomi 75 ribu, dan untuk kamu yang ingin kelas VIP harus meogoh kocek lebah dalam sekitar 95 ribu. Harga tiket motor 50 ribu. Untuk perjalanan kapal fery menuju Kepulauan Karimunjawa membutuhkan waktu sekitar 5 samapi 6 jam. Widih lam amat ya,,,, tapi nggakpapalah bisa di nikmati sambil ngopi. Kita bisa pesan kopi di dalem kapal karena di kapal fery si ginjay terdapat kantin yang memang di sediakan untuk para wisawatan.

Sesampainya di pelabuhan  Karimunjawa dari arah pelabuhan menuju penginapan kita bakal lewatin lapangan kosong yang sudah tertata rapi, nah itu adalah alun – alun karimunjawa. berbeda kalau malam hari, pasti di sepanjang jalan di penuhi orang berjualan yang menjajakan dagangannya. di tempat tersebut adalah pusat kuliner dan pusat oleh – oleh karimunjawa. nah untuk kamu yang ingin ngerasaain kuliner khas karimunjawa atau ingin beli oleh – oleh dateng aja di malam harinya bakal di sajikan banyak pilihan. Tapi bagi kmau yang ingin hemat budget sebaiknya urungkan niat untk makan mewah di tempat tersebut. Satu ikan besar bisa dibandrol dengan harga 40rb sampai entahlah berapa, dan itu belum termasuk nasi dan minumnya. Tapi ada alternatif lain, kalian bisa makan nasi goreng dengan harga 20rban disekitar alun-alun. Untuk penginapan di karimunjawa sekitar 75 ribu sampai 150 untuk homestay. Kami sarain homestay karena paling terjngaku bagi kaum backpaker seperti saya.

Keesokan harinya kamu bisa ikut snorkeling. Gampang ko tinggal tanya yang punya penginapan. Cukup terjangkau bersnorkeling di karimunjawa. cukup bayar 175ribu kamu udah bisa dapetin snorkeling 2 kali, bakar ikan di salah satu karimunjawa. tapi sayangnya belum termasuk tiket ke penangkaran hiu. Sayang yaa kalau udah jauh – jauh ke karimunjawa tapi gak foto sama tu ikan buas. Akhirnya uang kita melayang hanya buat foto sama ikan bersirip.

Masih banyak lagi tempat yang bisa kamu kunjungi di karimunjawa. seperti pantai anora, Bukit Love, Bukit Joko Tuo, Tracking Mangrove. Maksimalkan waktumu selama 3 hari 2 malam di karimunjawa.

Written by