7 tips Backpaker Liburan ke Karimunjawa

Backpaker sejati selalu mempersiapkan diri sematang mungkin ketika ingin backapkeran.  Persiapan – persiapan itu sudah terencana dengan rapi. Backpacker juga harus mampu memprediksi kondisi alam. Sering kita temui backpacker yang gagal berwisata karena kurangnya persiapan dan informas detail terkait tujuan wisata.

Banyak sekali tempat wisata yang bisa menjadi tujuan wisata anda. Di tahun 2018 banyak tempat wisata yang lagi hits dan  booming. Di Indonesia sendiri dengan gugusan kepulauan tentunya mempunyai ribuan tempat wisata, utamanya adalah wisata bahari. Kali ini kita akan lebih mengkrucutkan ke daerah di jawa tengah. Jawa tengah merupakan provinsi yang mempunyai jumlah penduduk terbanyak di Indonesia. Di Jawa juga banyak sekali tempat wisata gunung yang menjadi distinasi wisata pendakian. Baru – baru ini jawa tengah dalam jargonnya visit jawa tengah juga sedang mengunggulkan tempat wisata bahari yang cocok sebagai tempat wisata keluarga, ataupun teman.

Dimanakah tempat tersebut berada?, sebuah paradise of java yang sering di dengungkan oleh para wisatawan yang pernah kesana. Jawabannya adalah Kepulauan Karimunjawa, pulau yang sudah tetapkan menjadi taman nasional pada tahun 2001 ini menjelma menjadi tempat wisata yang banyak di gemari para wisatawan baik local maupun manca Negara. Pulau ini mempunyaai keindahan laut yang  namat luar biasa indahnya. Mulai dari terumbu karang dengan ribuan jenisnya, ikan hias yang tersebar di seluruh perairan karmunjawa. Dan masih banyak lagi surganya karimunjawa yang harus kita kunjungi. Nah bagi kamu yang ingin liburan kesana, liburan ala backpacker adalah liburan paling asyik menikmati alam karimunjawa. Namun bagi kamu yang ingin backpakeran tentunya membutuhkan informasi terkait karimunjawa. Apalagi kamu yang belu tahu persis dimana karimunjawa.

Kami akan memberikan informasi  dan tips terkait wisata karimunjawa agar liburanmu menyenangkan dan ta terganjal masalah berikut tips – tipsnya, di simak ya :

  1. Ajak temanmu untuk backpakeran bersama

Sebenarnya jika kamu backpakeraqn sendiri masih tetap bisa, namun perlu di ketahui bahwa  harga sewa transportasi di karimunjawa kurang ramah di kantong apalagi bagi kamu yang ingin berhemat waktu liburan.  Jika kamu bersama teman setidaknya buget bisa lebih ringan karena di tanggung bersama. Selain bisa iuran bersama untuk mnyewa mobil, kapal, motor, penginapan, liburan akan lebih seru ketika di nikmati bersama teman, apalagi dengan sahabat – sahabat terdekat.  Setidaknya, bawalah empat orang untuk ikut berlibur ala backpacker di Karimunjawa.

  1. Pilihlah transportasi paling ramah di kantong.

Ketika kamu ingin naik transportasi untuk dapat mencapai karimunjawa maupun ketika di karimunjawa, carilah dan pilih transportasi yang ramah dengan kantongmu, pastinya trasnportasi mempunyai harga yang berbeda sesuai dengan kelas yang kamu naiki. Nah bagi kamu yang berada di pulau jawa sebaiknya transit dahulu di semarang jika arah perjalanan dari Jakarta , bandung maupun jogja dan kota – kota di jawa tengah. Nah jika asal kotamu dari Surabaya atau jawa tmur sebaiknya naik bus yang langsung tujuan jepara.  Tentunya pilih kelas ekonomi untuk menghemat biaya. Atau jika jarak tempat tinggal Anda dengan Jepara cukup dekat, Anda bisa menggunakan moda transportasi bus dengan tujuan Jepara.

  1. Jangan Pergi Saat Musim Hujan

Harus di ingat, tips backpacker ke karimunjawa yang wajib anda lakukan sebelum anda memulai liburan ala backpacker ke karimunjawa. Jangan sampai ketika kamu liburan ke karimunjawa pada musim penghujan. Masa puncak hujan di karimunjawa terjadi mulai bulan januari hingga februari. Saat puncak musim hujan maka yang terjadi adalah gelombang laut yang tinggi, angin barat yang kencang menyebabkan gelombang laut tinggi. Ketika gelombang laut tinggi maka kemungkinan kapal tidak berangkat. Hal itu dapat menyebabkan liburanmu tertunda. Nah harapannya ketika ingin liburan ala backpacker harus update mengenai cuaca di jepara dan di wilayah karimunjawa. Silahkan berkunjung ke karimunjawa untuk berwisata pada bulan maret ingga desember, di bulan tersebut pastinya sangat mendukung untuk kamu berselancar di pulau karimunjawa. untuk lebih jelasnya silahkan anda mencari di website atau situs resmi BMKG Maritim prakiraan cvuaca yang selalu update perhari.

  1. Pilih Homestay untuk paling murah

Tak perlu pusing dan bingung  dengan tempat untuk menginap saat di karimunjawa. Sebagai salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan, di karimunjawa telah tersedia  beberapa tempat penginapan. Jangan kawatir dengan harga penginapan seperti homestay. Selain anda bisa patungan dengan teman, anda juga bisa menawar harga sewa kamar dari homestay tersebut. Harga sewa kamar di homestay untuk satu malam berkisar antara Rp 75.000,- sampai Rp 200.000,-. Nah, seperti yang kami bilang di poin sebelumnya, harga sewa kamar tersebut bisa lebih murah apabila Anda berlibur ala backpacker dengan rombongan Anda. Jadi, Anda bisa membayar sewa penginapan dengan patungan agar bisa lebih murah.

  1. Bawa Barang Pribadi

Minimarket ? pasarmodern ? kedua toko tersebut pasti anda cari di karimunjawa. Kami jamin anda tidak aan menemukan toko – toko tersebut. Oleh karena itu kami mewrekomendasikan untuk anda untuk membawa barang pribadi. Karena harga barang di karimunjawa  sangatlah mahal jika di bandingkan dengan harga di jepara.

Jadi untuk kamu yang akan liburan ke karimunjawa persiapkan barang – barang pribadimu sebagai kebutuhan selama di karmunjawa.  Apalagi bagi kamu yang akan backpakeran ke Karimunjawa, pastinya ingin berhemat dan mendapatkan liburan yang menyenangkan tanpa harus repot – repot lagi cara barang pribadi yang pastinya susah dan mahal di karimunjawa. mOh iya, jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi jika Anda punya riwayat kesehatan tertentu, termasuk obat-obatan umum kala perjalanan (minyak kayu putih, obat anti mabuk, dan lainnya).

  1. Bawa Barang Seperlunya

Bawalah barang bawaan seperlunya sesuaikan dengan kebutuhan anda liburan di karimunjawa. Harga barang di karimunjawa memang mahal tapi itu tidak menutup kemungkinan kamu membawa barang seluruhnya. Anda tidak ingin repot kan selama liburan di karimunjawa karena terlalu banyak barang yang harus anda bawa.?

Bawalah juga beberapa perlengkapan wisata yang sebagihan besar wisata di karimunjawa adalah wisata bahari Pertimbangkan juga untuk membawa semua barang bawaan Anda dalam satu tas saja, yang berakibat pada efisiensi barang yang akan Anda bawa.

  1. Bekal Makanan

Jika anda ingin berhemat selama di karimunjawa, tujuan utama anda juga sebagai backpacker sejati haru benar – benar terlaksana, maka anda harus pintar untuk menghemat keuangan anda. Nah tips terkahir dari kami adalah persiapkan bekal makanan sesuai kebutuhan selama di karimunjawa, bekal makanan tersebut harus gampang dalam pengelolaanya agar mempermudah kamu dalam memasak. Manfaat dari membawa makanan sendiri dari rumah adalah selanj andfa bisa berhemat terhindar dari biaya maan di akrimunjawqa yang cukup mahal, anda juga bisa memanfaatkan uang tersebut untuk keperluan lain untuk mendukung liburan anda lebih lengkap dan menyenangkan.

Nah cukup itu tips dari kami  untuk liburan anda ala backpacker ke karimunjawa menjadi menyenangkan dan tak terlupakan. Manfaatkan liburanmu sebaik – baiknya, jika ingin backpacker maka maksimalkan liburan ala backpacker. Satu lagi jangan manja dengan liburan yang memang harus merasakan pahitnya ketika perjalanan dan perlengkapan yang terbatas sesua kebutuhan anda selama liburan.

Written by