7 Tips Agar Liburan Bersama Bayi Tetap Mengasyikkan

Berwisata merupakan aktifitas  yang seru dan mengasikan. Sering sekali orang yang tidak bisa meluangkan waktu untuk keluarga memilih quality time untuk anak dan istri. Waktu terbaik akan di luangkan hanya membahagiakan  keluarganya. Walaupun  anak tersebut masih bayi tetap di ajak untuk travelling. Hal itu di lakukakan memang karena terlalu sayang terhadap keluarga, namun juga harus memperhatikan keamanan dan kenyamanan bayinya.

Baca Juga : Cara Camping Ke Karimun Jawa dari Kota Semarang

sebenarnya bukan penghalang jika kamu masih ingin pergi liburan. Beberapa kebiasaan hanya perlu diubah dan disesuaikan dengan adanya si kecil. Jika kamu berencana untuk melakukan liburan bersama bayi dalam waktu dekat, coba simak tips di bawah ini. Caption memiliki beberapa tips untuk membuat liburan bersama si kecil menjadi lebih menyenangkan.

Nah jika anda ingin traveling mengajak bayi, berikut ini tips untuk anda. Agar bayi tetap aman, nyaman dan liburan andapun menyenangkan.

sebenarnya bukan penghalang jika kamu masih ingin pergi liburan. Beberapa kebiasaan hanya perlu diubah dan disesuaikan dengan adanya si kecil. Jika kamu berencana untuk melakukan liburan bersama bayi dalam waktu dekat, coba simak tips di bawah ini. Caption memiliki beberapa tips untuk membuat liburan bersama si kecil menjadi lebih menyenangkan.

  1. Pilih Paket Jangan Backpaker

Setelah mempunyai si kecil tentunya berbeda dengan liburan berdua. Jia dulu kamu bisa backpakeran kini kamu harus paksa mengikuti atau booking paket wisata. Tentunya booking paket juga harus jauh – jauh hari demi kenyamanan dan  ke amanan bayi.

Semua harus di persiapkan sedini mungkin, mulai dari pilihan hotel transportasi, kegiatan yang akan dilakukan hingga destinasi. Usahakan untuk merencanakan liburan minimal sekitar 3 bulan sebelumnya untuk memberi keleluasaan pada dirimu dalam hal perencanaan. Dengan jangka waktu yang tidak terlalu mepet, kamu juga jadi mempunyai waktu untuk memilih transportasi dan akomodasi yang baby-friendly.

  1. Pilih hotel yang nyaman untuk bayi

Cari hotel yang fasilitasnya layak agar kamu lebih mudah mengurus bayi. Buat suasana kamar hotel seperti di rumah. Misal, satu wilayah seperti wastafel kamar mandi atau meja belajar bisa digunakan sebagai pantry jika kamarmu tidak memiliki pantry.

Disitu, kamu bisa meletakkan kebutuhan dan peralatan makan minum si kecil sehingga nantinya kamu tidak kerepotan ketika harus cepat-cepat membuat susu atau mencuci alat makan.

Memilih hotel yang memiliki banyak aktifitas untuk anak dan orang tua juga merupakan satu hal penting. Dengan adanya banyak fasilitas di hotel, kamu juga tidak akan ikutan bete ketika bayi tidak bisa diajak keluar karena rewel.

  1. Persiapkan peralatan bayi dengan teliti

Barang bawaan pastinya nambah karena kamu membawa si kecil untuk ikut liburan. Membuat daftar barang bawaan akan menjadikan lebi efektif dan terencana dengan baik.

Berikut beberapa barang yang  dibawa:

Gendongan kanguru: ini sangat berguna ketika kamu harus menyusui di tempat umum. Gendongan ini juga bisa menghangatkan.

Pakaian: selalu bawa bedong, selimut, kaos kaki, sepatu, topi, dan diaper ekstra untuk bayimu. Sesuaikan juga jumlah pakaian bayi dengan jumlah hari liburanmu.

Obat: bawa obat standar seperti obat pusing, flu dan penurun panas. Jangan lupa juga untuk selalu membawa

Stroller: dengan membawa stroller, kamu tetap bisa jalan-jalan ketika bayi tidur. Ditambah lagi, bayi tentunya akan merasa lebih nyaman untuk tidur di dalam stroller dibanding di gendongan. Jika bayi meminta digendong, stroller bisa kamu pakai untuk tas dan belanjaan. bayimu..

termometer.Mainan: mainan berguna agar bayi tidak bosan selama perjalanan.

Perlengkapan lain: tisu basah sangat berguna bila bayi tidak sempat untuk mandi atau jika pup ketika sedang berada di luar hotel. Perlengkapan lainnya juga meliputi tisu kering, korek telinga, minyak telon, dan sunblock.

  1. ikuti jadwal bayi.

Pasti bayi mempunyai jadwal  untuk tidur pagi, siang, makan, bermain, tidur siang dan lainnya. Jadi jangan memakasakan untuk berwisata ke berbagai tempat. Buat intinerary yang sudah di sesuaikan dengan jadwal bayimu.

  1. Selalu siapkan waktu ekstra

Liburan bersama bayi artinya harus selalu siap dengan hal-hal diluar rencana. Karena bayi belum memiliki pola aktivitas yang jelas, kamu harus mempersiapkan waktu ekstra dalam setiap itinerary yang kamu buat. Misalnya, ketika kamu sudah siap untuk berangkat ke bandara dari rumah, mendadak bayimu merengek karena lapar atau ingin buang air besar. Hal ini bisa saja membuatmu ketinggalan pesawat.

  1. persiapkan bekal makan bayimu

Sesuai bawaan makanan bayimu dengan umurnya. Jika kamu anti dengan produk instan, memberi sedikit kelonggaran ketika liburan bukan merupakan masalah besar. Kamu bisa mengatur food intake lagi untuk si bayi ketika sudah kembali ke rumah

  1. Jangan memaksa

Cukup datangi 1-2 tempat wisata dalam sehari. Kondisi badan orang dewasa dengan bayi tentunya beda. Tidak perlu memaksa untuk berpindah-pindah tempat. Selain karena menjaga bayi sendiri sudah merupakan aktivitas yang melelahkan, terlalu banyak berpindah juga akan membuat bayimu lelah. Jadwal tidur bayi bisa jadi terganggu karena kamu harus berpindah darai satu destinasi wisata ke destinasi lainnya. Jangan lupa juga untuk selalu cek kondisi bayi jika ia sudah kelelahan.

Nah itu merupakan tips bagi kamu yang akan liburan bersama di kecil apalagi kamu yang baru mempunyai dedek bayi pertama pasti ingin mengajak bayi kemana aja. Tapi tidak lupa untuk mementingkan kesehatan, keamanan dan kenyamanan bayi.

Written by