7 Fakta Unik di Karimunawa Yang Perlu Anda Ketahui

Karimunjawa ( paradise of java) itulah sebutan masyarakat dan wisatawan untuk kepulauan terindah di Jepara. Keindahan terumbu karang yang ada di dalam lautan Karimunjawa, pasir pantai yang bersih putih, 27 pulau yang mempunyai keunikan tersendiri, serta keramahan masyarakat karimunjawa terhadap pendatang yang ingin berkunjung ke Karimunjawa. ada beberapa fakta menarik tentang karimunjawa yang ingin kami ungkap untuk anda. Mungkin anda belum mendengar dengan fakta – fakta berikut, semoga artikel ini menjadi wawasan baru untuk anda.

  1. Taman Laut Nasional Karimunjawa yang di resmikan pada tahun 2001 ini mempunyai luas 111.625 ha. Dari luas, 98,6% merupakan perairan. Sementara daratan mempunyai luas 1,4%
  2. Kepulauan Karimunjawa yang berada di 230 km utara Yogyakarta terdiri dari 27 pulau, ada 5 pulau yang berpenghuni dan 22 pulau yang tak berpeghuni.
  3. Selain mempunyai 27 pulau kecil yang mempunyai keunikan – keunikan tersendiri menjadikan karimunjawa menjadi tempat beranekaragaman hayati yang luar biasa banyaknya, yaitu ada sekitar 353 spesies ikan karang, 69 marga terumbu karang keras, dan 300 hektar hutan mangrove yang kini di kelola menjadi distinasi wisata darat di karimunjawa. ada jembatan panjang yang menyusuri hutan mangrove tersebut. (Nababan, Mangaraja Gunung, dkk. 2010. Status Ekosistem di Taman Nasional Karimunjawa. Wildlife Conservation Society-Indonesia Program)
  4. Terdapat penangkaran hiu di pulau menjangan besar, menjangan kecil dan pulau tengah Karimunjawa. kini tempat – tempat tersebut menjadi salah satu distinasi yang paling banyak di kunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Bagi kamu yang berani dengan adrenalin bisa berfoto selfi bersama hiu – hiu yang berenang mengitari anda ketika berada di dalam kolam. Jangan takut sebenarnya hiu ini jinak dan tak berbahaya, pengunjung hanya di intruksikan untuk berhati – hati dan tak memegang sirip hiu.
  5. Karimunjawa adalah kepulauan yang banyak menyimpan ribuan spesies ikan dan bianatang laut lainnya. Ada satu tempatt di karimunjawa yang di diami oleh penyu Sisik (Eretmochelys imbricata), Penyu Hijau (Chelonia Mydas) dan Elang Laut Perut PutiHaliaetus leucogaster) yang merupakan hewan yang terancam punah.
  6. Selain pulau yang tampak dan terdapat tumbuhan maupun hewan, di karimunjawa juga ada pulau yang kadang terlihat dan kadang menghilang. Mesterius banget ya, sebenarnya pulau tersebut adalah gundukan pasir ketika air laut surut di beberapa tempat tertentu. Masyarakat karimunjawa sering menyebutnya gosong.
  7. Karimunjawa sebelum di tetapkannya sebagai taman laut nasional dalam hal pelistrikan masih menggunakan PLTD ( Pembangkit Listrik Tenaga Diesel ) ketika masa itu listrik hanya hidup 12 jam. Sangat terbatas untuk masyarakat karimunjawa mengembangkan pariwisata yang hanya mengandalkan listrik setengah hari saja. Sehingga baru – baru karimunjawa semakin di tingkatkan dan daya lsitrik pun bisa 24 ja untuk memfasilitasi masyarakat Karimunjawa dna para wisatawan yang berlibur di Karimunjawa.

Keindahan Karimunjawa memang tak perlu di tanyakan lagi, kini namanya mendunia seiring pesatnya promosi tentang wisata karimunjawa yang di lakukan, baik oleh pemerintah pusat, provinsi, daerah maupun swasta. Oleh karena itu kita perlu menjaga keindahan alam Karimunjawa sebagai aset bangsa, dan sebagai identitas Jawa Tengah.

Written by