Mata Pencaharian Penduduk Karimunjawa

Mata pencaharian masyarakat karimunjawa rata – rata adalah sebagai nelayan. dulu ketika wisata karimunjawa belum terkenal seperti ini, masyarakat menggantungkan nasibnya sebagai nelayan, bermodalkan perahu kayu kas karimunjawa dan jaring. waktu bekerja mereka tidak tentu tergantung cuaca saat itu. ada beberapa sumber pencaharian di karimunjawa yang dapat menjadi potensi untuk masyarakat karimunjawa. namun potensi – potensi tersebut perlu adanya pengembangan, pembinaan, dan pemberdayaan agar potensi tersebut tidak sia – sia. berikut mata pencaharian masyarakat karimunjawa yang bisa menjadi potensi.

Nelayan

Karimunjawa merupakan kepulauan yang memiliki 27 pulau, tentunya ketika berbicara kepulaun maka akan menjadi wilayahnya banyak di sumber daya alam hayati seperti ikan, di karimunjawa memang terkenal akan ikan kakak tua, kerapu khas karimunjawa yang banyak di minati oleh masyarkat baik masyakat karimunjawa maupun masyakat jawa tengah.  ada beberapa sistem nelayan dalam mencari ikan, ada yang memancing, menembang, dan menjaring. ketika jaman dulu masyarakat belum memahami secara utuh tata cara meangkap ikan sesuai dengan peraturan pemerintah , mereka menangkap ikan di laut menggunakan cara yang memang di larang. cara – cara tersebut seperti sistejm penangkapan ikan dengan pukat harimau, bom ikan, dan masih banyak lagi cara – cara kejam penangkapan ikan yang sekarang di larang oleh undang – undang. semenjak berlakunya peraturan dalam penangkapan ikan di sosialisasikan oleh pemrintah kepada nelayan, kini nelayan bisa memahami hal tersebut. bahkan kini tidak ada lagi sistem penangkapan yang melanggar undang – undang di karimunjawa. artinya masyarakat dan pemerintah mampu bekerjasama dengan baik jika di awali dengan komunikasi dengan baik pula. Kalaupun ada nelayan yang bersifat merusak alam pasti itu nelayan yang bukan berasal dari Karimunjawa.

Nelayan Budidaya

selain menangkap ikan di laut lepas karimunjawa, sebenarnya ada cara lain untuk mendapatkan ikan. ada sebagihan nelayan yang membudidayakan ikan kerapu dan lobster. hal tersebut di lakukan karena melihat kondisi yang semakin hari pendapatan nbelayan ketika mencari ikan di laut semakin sedikit. ada beberapa budidaya yang sedang dikembangkan oleh nelayan Karimunjawa seperti Budidaya Ikan Kerapu, Budidaya Lobster, Budidaya Rumput Laut. dari sistem tersebut tetap akan solusi kreatif selain menagkap uikan di laut, sama – sama mendapatkan dan pendapatannyapun hampir sama. ini merupakan potensi baru untuk masyarakat Karimunjawa.  Hasil dari budidaya tersebut nantinya akan ditampung oleh pengepul lokal dan kemudian akan didistribusikan ke berbagai pelosok kota di Jawa Tengah. bahakan ada salah satu budidaya yang kini mampu menembus pasar ekspor. budidaya ikan kerapu lody dan kerapu tikus. hal ini menjadi catatan penting untuk pemerintah daerah, karena tanpa dukungan dan pemberdayaan yang di lakukan oleh pemerintah, masyarakat karimunjawa akan semakin sulit untuk meningkatkan Kualitas dan kuwantitas penghasilan dari budidaya mereka.

Budidaya Rumput Laut Karimunjawa

Masyakat karimunjawa semakin kreatif. Kini tidak  hanya ikan kerapu dan dan lobster yang di budidayakan, kini mereka merambah ke jsektor lait yaitu Budidaya Rumput Laut. Di karimjunjawa jika berbicara tempat yang pas untuk membudidayakan rumput laut adalah perairan dangkal. Nah di karimunjawa sangatlah banyak tempat – tempat seperti itu. Hal itu menjadi modal utama masayarakat karimunjawa untuk membudidayakan rumput laut khas karimunjawa. Bahkan kini rumput laut hasil olahan masyarakat karimunjawapun ikut terjun ke pasar eksport. Sangat membagakan sekali untuk pemerintah kabupaten jepara. selain sebagai nelaya penangkap ikan mereka juga bisa berkreasi mengembangkan budidaya rumput laut.

Mata Pencaharian Masyarakat Sektor Pariwisata

semenjak karimunjawa di nobatkan menjadi taman nasional pada tahun 2001 kini karimujawapu semakin ramai. Pada tahun 2018 kini berdasarkan data statistiki pengunjung yang datang ke karimunjawa semakin meningkat hal ini menandakan bahwa karimunjawa memang layak menjadi tempat wisata yang paling bagus di Jawa Tengah. Bahkan seharusnya pemerintah pusat juga harus ikut andil dalam pengembangan sector pariwisata karimunjawa untuk menunjang ekonomi masyrakat karimunjawa dalam bidang pariwisata.

Travel Agent Karimunjawa

Dengan adanya potensi pariwisata yang menjanjikan untuk dijadikan ladang bisnis, maka banyak sekali penduduk Karimunjawa yang beralih profesi sebagai penyedia jasa pariwisata. Ada yang membuat travel agent yang menyediakan Paket Wisata Karimunjawaseperti Kurnia Karimunjawa Tour yang sudah sangat profesional menangani wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Dengan adanya travel angent Karimunjawa bisa membuat Wisata Karimunjawa semakin berkembang pesat.

Lokal Guide Karimunjawa

ketika karimunjawa berbenah dalam hal pariwisata, SDM juga harus berbenah guna meningkatkat kuwalitas pariwisata yang ada di Karimunjawa. Seperti halnya guide yang berfungsi sebagai pemandu wisata untuk mempermudah wisatawan ketika liburan di karimunjawa. Guide sangat di butuhkan karena untuk emnambah fasilitas pariwisata karimunjawa.

Usaha Penginapan Karimunjawa

kini rumah – rumah warga berubah menjadi pondok2 penginapan murah untuk wisatawan yang berbuget minim. Rumah mereka di sulap menjadi homestay- homestay dengan fasilitas ala kadarnya. Namun di tahun 2018 ini mereka semakin berbenah dengan perubahan – perubhan fasilitas yang di miliki oleh homestay – homestay yag menawarkan kepada agent tour lokal maupun luar jepara.

Usaha  Catering Masyarakat Karimunjawa

Jaman now karimunjawa sudah menyerupai pulau dewata, puluhan rumah makan dan cafe berjejeran. sangat mudah sekali menemukan tempat -tempat untuk mengisi peurt atau sekedar mencari kopi. ini merupakan inisiatif masyarakat melihat peningkatan wisatawan yang datang ke karimunjawa. selain untuk tempat makan mereka juga menyediakan catering yang bisa di pesan oleh para agent wisata.

Usaha Kapal Wisata

selain sebagai nelayan penangkap ikan di laut, para nelyan sekarang juga menyediakan jasa transportasi untuk wisatwan yang ingin hopping atau bisa di sebut toru ke pulau – pulau kecil di Karimunjawa. kapal – kapal tersebut juga sering menghantarkan msyarakat karimunjawa untuk snorkeling atau diving.

Jasa Transportasi

Anda mau cari taksi? atau ojek ? atau becak di karimunjawa ? kalau dulu memang belum ada tapi sekarang kmau bisa temukan transportasi taksi atau becak. kecuali ojek, disna cuma mneyewakan sepeda motor. perharinya 75ribu, cukup terjangkau kan.

Sewa Peralatan Wisata

Menjadi distinasi utama di spot wisata karimunjawa snorkeling sangat membutuhkan peralatan untuk melakukan kegiatan tersebut.tanpa alat snorkel kegiatan snorkelingpun tidak bisa terlaksana. hal  itu menjadi peluang masyarakat karimunjawa untuk berwira usaha alat – alat snorkel. seperti pelampung, masker da fin.

Nah itulah mata pencaharian masyarakat karimunjawa sekarang ini. banyak potensi dan peluang untuk mengembangkan perekonomian masyarakat karimunjawa. bergantung pada warga dan pemerintah bagaiamana ingin berkreasi untuk meningkatkan taraf hidup mereka.

untuk info paket wisata bisa menghubungi Team Wisata Karimunjawa. info wisata terlengkap di Karimunjawa.

Written by