5 Spot Diving dan Snorkeling di Karimunjawa yang Wajib di Kunjungi

Siapa yang gak kenal akan keindahan pulau karimunjawa, luar perairan sekitar kurang lebih 110.000 hektare .pulau ini sudah menjadi pesona wisata Taman Laut yang sangat digemari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Sejak di tetapkan oleh Pemerintah Provinsi menjadi pusat Taman Wisata Nasional di Jawa Tengah pada tahun 2001, Karimunjawa kini ramai akan wisatawan yang ingin menikmati indahnya terumbu karang dan ikan – ikan hias di perairan laut Karimunjawa. Baik dinikmati dengan cara snorkeling maupun diving pemandangan keindahan laut tetaplah bagus dan indah. Nah untuk menjangkau keindahan laut lebih dalam harus dengan cara diving, yaitu menggunakan alat tabung gas sebagai alat bantu pernafasan.

Berikut spot lokasi diving/snorkeling yang cocok untuk di jamah, nikmati keindahannya tanpa harus merusak, semoga rekomendasi bisa menjadi referensi anda ketka liburan di karimunjawa.

  1. Tanjung Gelam

Pantai Tanjung Gelam, pantai tersebut merupakan pantai terdekat dengan pusat kota Karimunjawa. pantai tersebut paling intens di kunjungi oleh wisatawan dengan alasan karena pantai tersebut mempunyai panorama keindahan pantai untuk menikmati terbenamnya matahari.

Di salah satu sudut tempat  terdapat pemandangan batu karang yang menyajikan keindahan dan sangat sayang untuk di lewatkan. Spot tersebut sering di gunakan untuk snorkeling maupun diving. Meskipun ikannya tak sebanyak di dekat pulau menjangan kecil.

  1. Pulau Menjangan Kecil

Hanya membutuhkan waktu 20 menit dari pulau utama Karimunjawa ke arah barat, Pulau Menjangan Kecil merupakan salah satu lokasi snorkeling atau diving yang ramai dan sudah dikenal oleh kalangan wisatawan domestik maupun wisatawan asing. Spot tersebut memang mempunyai terumbu karang bagus, ikan terbanyak dan paling ramah dengan wisatawan ketika sedang snorkeling. Dengan keindahan terumbu karang yang menjadi andalan wisata dari Pulau Menjangan Kecil, di pulau ini kita juga dapat mendatangi penangkaran ikan hiu dan bermain serta befoto langsung dengan para hiu. Cukup mengerikan kalau di bayangkan namun sebenarnya hiu – hiu tersebut sangat ramah bahkan jinak kepada setiap wisatawan yang ingin bermain dan berfoto dengan mereka.

Objek wisata ini justru menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk merasakan pengalaman yang tidak terlupakan ,karena wisata seperti ini masih jarang ditemukan di Indonesia.

  1. Pulau Cemara

Di karimunjawa banyak nama pulau yang hampir serupa, bahkan bersaudara. Seperti halnya Pulau Cemara Karimunjawa. Pulau cemara di bagi menjadi dua, pulau cemara kecil dna pulau cemara besar. Masing masing pulau mempunyai keindahan dan spot wisata yang layak di kunjungi.

Memang berada agak jauh dari pulau utama Karimunjawa di bagian barat, namun semuanya akan terbayar ketika kita datang dan menikmati suasana di Pulau Cemara Karimunjawa yang sunyi dan masih sangat asri. Di sebelah pulau cemara juga terdapat spot wisata untuk snorkeling maupun diving yang cocok di nikmati. Anda bisa bermain – bermain di sana, pulaunya juga cukup luas.

  1. Pulau Tengah

Pulau Tengah Karimunjawa, menawarkan keindahan puluhan pohon kelapa, dan pasir pantai yang membentuk lukisan indah mengelilingi pulau tersebut. Tempat yang memiliki hard Coral dan Sea Anemone yang menjuntai, tidak heran jika di daerah ini banyak ditemukan ikan-ikan laut lucu dan menggemaskan seperti clown fish sering terlihat di perairan ini.

  1. Pulau Cilik

Dengan memakan waktu perjalanan sekitar 15 menit dari Pulau Tengah Karimunjawa, Pulau Cilik Karimunjawa juga wajib untuk dikunjungi oleh para pecinta diving/snorkeling.  Tidak hanya berada pulau-pulau yang berada di bagian barat pulau utama, keindahan yang ditawarkan dari pulau-pulau yang berada di bagian timur juga sama-sama menawarkan keindahan bawah laut. Sangat unik jika di lihat dari namanya. Nama dari pulau ini boleh saja ‘cilik’ yang berarti kecil. Namun keindahannya sangat luar biasa. Sehingga bagi kamu yang akan berkunjung jangan sampai terlewatkan untuk menikmati keindahan pulau cilik karimunjawa.

Written by